Advertisement

Sleman Creative Week #2 Angkat Potensi Ekonomi Kreatif

Abdul Hamied Razak
Kamis, 22 September 2022 - 21:07 WIB
Bhekti Suryani
Sleman Creative Week #2 Angkat Potensi Ekonomi Kreatif Ilustrasi event ekonomi kreatif. - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Untuk meningkatkan potensi ekonomi kreatif di Sleman, Dinas Pariwisata (Dispar) Sleman bekerja sama dengan pelaku ekonomi kreatif di Sleman menggelar Sleman Creative Week #2. Even tersebut akan digelar Oktober 2022 mendatang. 

Kepala Dispar Sleman Ishadi Zayid mengatakan Sleman Creative Week terdiri dari berbagai rangkaian kegiatan kreatif yang digelar sepanjang Oktober. "Bulan Oktober akan menjadi Bulan Ekonomi Kreatif di Kabupaten Sleman. Even ini akan mewadahi potensi ekonomi kreatif dari pelaku-pelaku ekonomi kreatif," katanya, Kamis (22/9/2022).

Rangkaian event Sleman Creative Week #2 akan diawali dengan Pesta Boneka (Papermoon Puppet Festival) yang akan digelar 3-9  Oktober 2022 di Kampung Media, Sinduadi, Ngaglik. Pesta Boneka merupakan festival boneka internasional yang digagas oleh Papermoon Puppet Theatre pada tahun 2008 silam di Jogja.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Tercatat, sedikitnya 98 grup/individu artis dari 29 negara akan menjadi bagian dari PESTA BONEKA #7. "Dalam setiap pertunjukannya, Pesta Boneka mempertemukan para dalang, penonton, serta komunitas kreatif untuk mengalami berbagai cerita dan budaya secara intim dan kreatif," katanya.

Selanjutnya, ujar Ishadi, pada 10 Oktober 2022 akan digelar “After Party” Pesta Boneka di Desa Wisata Kelor, Bangunkerto, Turi sebagai upaya mempromosikan dan mengenalkan desa wisata di Sleman kepada wisatawan mancanegara  melalui peserta Pesta Boneka.

Kemudian pada  21-23 Oktober akan digelar Sleman Creative Week #2 di Sleman Creative Space Taman Kuliner, Condong Catur, Depok. Rangkaian kegiatannya antara lain workshop-workshop bertema sub sektor ekonomi kreatif yang diikuti pelaku-pelaku ekraf. Bersamaan dengan itu, digelar pameran potensi 17 sub sektor ekonomi kreatif dari Sleman dan dimeriahkan dengan penampilan seni pertunjukan baik tradisional maupun modern di Panggung Sleman Creative Week selama 3 hari. 

Ketua Badan Promosi Pariwisata Sleman (BPPS) Agung Tris Sasongko menambahkan rangkaian Sleman Creative Week #2 akan ditutup dengan event Bedog Art Festival yang dinaungi oleh Yayasan Banjarmili. "Festival seni ini merupakan festival ke 12 sejak dilaksanakan pertama kali pada tahun 2007 lalu," tambahnya. 

Bedog Art Festival akan digelar pada 23 Oktober 2022 secara hybrid video typing dengan live streaming di Studio Banjarmili yang berlokasi di Kradenan RT 04/RW 17, Banyuraden, Gamping. Di tahun ini, lanjut Agung, Bedog Art Festival mengangkat tema “Memayu Agunging Sukma”. 

BACA JUGA: Sempat Ditolak Warga Baciro, Bangunan di Jl. Gayam Kini Diperiksa KPK

Advertisement

Untuk terus meningkatkan kunjungan wisatawan, pihaknya juga menyiapkan even Sleman Temple Run #7 pada 20 November 2022 dengan lokasi start-finish di kompleks Candi Banyunibo, Bokoharjo, Prambanan. Kategori Sleman Temple Run terdiri dari 7K, 13K, dan 25K dengan peserta 500 orang dari berbagai daerah di Indonesia dan mancanegara.

"Hingga 22 September ini, peserta yang mendaftar sebanyak 392 peserta dari berbagai daerah di Indonesia dan 11 peserta asing dari 7 negara. Sleman Temple Run merupakan event lari internasional yang memiliki konsep yang berbeda dari event-event lari di Indonesia," ujarnya. 

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Imperial Digital Printing, Jasa Percetakan Terlengkap di Jogja

Jogja
| Selasa, 27 September 2022, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement