Advertisement

Masalah Cip Kelar, AISI Yakin Penjualan Motor Tumbuh hingga Akhir Tahun

Anshary Madya Sukma
Selasa, 11 Oktober 2022 - 18:07 WIB
Arief Junianto
Masalah Cip Kelar, AISI Yakin Penjualan Motor Tumbuh hingga Akhir Tahun Sepeda motor - Bisnis.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Sempat mengalami krisis cip semikonduktor antara kuartal II sampai kuartal III/2022, Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) optimistis penjualan industri otomotif roda dua akan terus meningkat hingga akhir tahun. Selain itu, diharapkan pembelian sepeda motor tak lagi inden karena persoalan suplai cip semikonduktor sudah terselesaikan.

Ketua Umum AISI, Johannes Loman mengatakan bahwa para produsen sepeda motor sudah mulai memperlihatkan tren positif pada penjualan setelah berhasil mengatasi krisis suplai cip semikonduktor.

Advertisement

“Kami melihat saat ini para produsen sudah mulai dapat mengatasi suplai semikonduktor, dan kami optimistis penjualan akan tumbuh,” ujar Loman, Selasa (11/10).

Loman menambahkan, saat ini untuk masalah cip semikonduktor sudah bisa teratasi dan diharapkan pada gelaran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2022 konsumen bisa melakukan pembelian tanpa perlu melakukan inden terlalu lama, kecuali untuk unit terdahulu atau tertentu.

“Masalah semikonduktor sudah bisa diatasi, jadi di IMOS 2022 diharapkan tidak perlu inden terlalu lama, kecuali untuk tipe tertentu. Tetapi harapan sih penuhi segera dari permintaan konsumen,” katanya.

BACA JUGA: Mengenal Para Pengusaha Hotel Mewah di Indonesia, Siapa Saja?

Lebih lanjut, optimisme AISI ini didukung oleh sejarah pencatatan penjualan pada setiap penyelenggaraan IMOS yang dapat mendobrak pertumbuhan penjualan sampai akhir tahun.

Sebagai informasi, perusahaan semikonduktor di Amerika Serikat (AS) yang berpotensi masuk ke dalam radar pemerintah untuk memacu investasi pada sektor tersebut, antara lain Intel, Micron Technology, Qualcomm, Broadcom, Texas Instruments, dan Nvidia.

Investasi ini diharapkan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) untuk memperkuat rantai ke sektor otomotif, komunikasi dan elektonik yang menggunakan semikonduktor sebagai bahan baku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Cegah Kecurangan Pengisian BBM, Polres Kulonprogo Cek SPBU

Kulonprogo
| Jum'at, 29 Maret 2024, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement