Advertisement

Mengenal Para Pengusaha Hotel Mewah di Indonesia, Siapa Saja?

Arlina Laras
Selasa, 11 Oktober 2022 - 14:07 WIB
Budi Cahyana
Mengenal Para Pengusaha Hotel Mewah di Indonesia, Siapa Saja? Ilustrasi hotel - JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-Banyak pengusaha di Indonesia memiliki bisnis hotel. Hotel mewah turut menambah daftar aset dan kekayaan para pengusaha tersebut.

Bisnis properti yang satu ini memang menjadi salah satu sumber pemasukan yang menjanjikan.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Apalagi, dengan fasilitas mewah bintang 5, sudah jelas target yang menginap di sana cenderung masyarakat kelas atas, Hingga akhirnya para pengusaha mampu mendulang keuntungan besar.

Lantas, siapa saja daftar pengusaha hotel mewah di Indonesia? Simak ulasannya.

1. Eka Tjipta Widjaja

Eka Tjipta Widjaja merupakan pendiri dari Sinar Mas Grup. Dia merupakan pemilik hotel berbintang lima, yakni hotel Grand Hyatt yang berlokasi di Thamrin, Jakarta Pusat, di mana hotel tersebut terhubung dengan pusat perbelanjaan mewah miliknya, yaitu Plaza Indonesia.

Melansir dari Forbes, dia dan keluarganya adalah orang terkaya ke-3 di Indonesia. Bahkan, pada 2018, dirinya masuk ke dalam jajaran 50 orang terkaya di Indonesia dengan total kekayaan US$8,6 miliar atau sekitar Rp132 triliun.

Advertisement

2. Keluarga Ciputra

Selain nama Ciputra identik dengan properti rumah dan mall mewah, keluarga Ciputra juga merupakan konglomerat pemilik hotel mewah di Indonesia. Adapun hotel mewah bintang lima yang dimiliki keluarga almarhum Ciputra yakni Raffles Jakarta Hotel yang berlokasi di Kuningan, Jakarta Selatan.

Advertisement

3. Peter Sondakh

Peter Sondakh adalah pemilik Grup Rajawali Properti. Di mana, dirinya memiliki sejumlah hotel mewah, yakni St Regis Hotel (Jakarta), Four Seasons (Jakarta dan Bali), hotel The Ritz-Carlton (Bali), Sheraton Laguna Resort, Sheraton Bandung dan lainnya.

Berdasarkan laporan Forbes, adapun aset lain yang dia miliki termasuk penyedia layanan internet Velo Networks dan jaringan TV Rajawali Televisi.

Advertisement

4. Chairul Tanjung

Pendiri CT Group yakni Chairul Tanjung dikenal sebagai pengusaha property hotel bintang 5, Trans Luxury Hotel yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat

Advertisement

5. Robert Budi Hartono dan Michael Bambang Hartono

Dua bersaudara yang merupakan pemilik Grup Djarum ini juga memiliki hotel mewah berbintang lima di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, dekat Hotel Indonesia, yakni Hotel Indonesia Kempinski.

6. Tan Kian

Advertisement

Melansir dari Prestige, Tan Kian adalah pendiri sekaligus pemilik imperium bisnis Dua Mutiara Group, pengusaha ini beberapa hotel mewah, seperti hotel JW Marriott Hotel Jakarta dan The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan, serta beberapa gedung apartemen.

7. Eka Tjandranegara

Advertisement

Berdasarkan Forbes, Eka Tjandranegara adalah pendiri Mulia Grup yang merupakan pengembang properti komersial besar di Tanah Air. Eka dikenal sebagai pengusaha dari Hotel Mulia di Jakarta, di mana dirinya berencana untuk mendirikan gedung tertinggi ke-15 di dunia dengan biaya US$800 juta atau sekitar Rp12 miliar. Selain sebagai pemilik properti mewah, dirinya juga menempati posisi komisaris Royale Jakarta Golf Club.

8. Jan Darmadi

Melansir dari Tatler, Jan Damiardi adalah pemilik bisnis hotel mewah berbintang lima, yakni Mandarin Oriental di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat. Selain hotel, beberapa bangunan paling terkenal di ibu kota yang merupakan miliknya adalah Mercure Ancol, Teater Jakarta, dan Gedung Setiabudi.

Dia menguasai lebih dari 1,4 juta meter persegi tanah perumahan, 11 hotel dan 40.000 meter persegi bangunan. area sewa, di antara aset real estat lainnya.

9. Hermanto Tanoko

Melansir dari Forbes, Hermanto merupakan perusahaan cat domestik terbesar kedua di Indonesia. Di bawah kepemimpinan Hermanto, bisnis keluarganya kini telah berkembang menjadi FMCG, properti dan ritel. Bersama Tung Desem Waringin, hotel mewah yang Hermanto miliki adalah Vasa Luxury Hotel, Cleo Business Hotel dan Hotel Solaris.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI-Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Ada Jadwal Tambahan KRL Jogja Solo Hari Ini, Cek!

Jogja
| Sabtu, 03 Desember 2022, 09:07 WIB

Advertisement

alt

Sambut Natal, Patung Cokelat Sinterklas Terbesar di Indonesia Ada di Hotel Tentrem Jogja

Wisata
| Jum'at, 02 Desember 2022, 23:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement