Advertisement

Grab Hingga Shopee PHK Karyawan, Wapres Ma'ruf Amin: PHK Belum Berhenti

Akbar Evandio
Minggu, 23 Oktober 2022 - 22:17 WIB
Budi Cahyana
Grab Hingga Shopee PHK Karyawan, Wapres Ma'ruf Amin: PHK Belum Berhenti Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Di tengah pengumuman pemutusah hubungan kerja (PHK) raksasa teknologi Grab, Shopee, hingga Indosat, Wakil Presiden Ma'ruf Amin angkat bicara. Wapres menyebut kondisi ini belum akan berhenti. 

Ma’ruf menilai PHK ini akan terus terjadi hingga akhir 2022. “Menjelang akhir 2022, kondisi ketenagakerjaan kita kurang menggembirakan karena adanya gelombang pemutusan hubungan kerja karyawan, khususnya di sektor start-up dan manufaktur, yang berdampak pada nasib ratusan ribu karyawan," katanya dalam acara peresmian Balai Latihan Kerja atau BLK Komunitas, Minggu (23/10/2022).

Advertisement

Lebih lanjut, dia menyebut gelombang PHK disebabkan banyak faktor, mulai dari perkembangan teknologi yang memaksa efisiensi tenaga kerja, dan ketidaksiapan untuk beradaptasi.

Mantan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu juga mengatakan angka pengangguran terbuka pada Februari 2022 memang berkurang dibandingkan bulan yang sama pada 2021. Namun, tingkat pengangguran di Indonesia saat ini masih lebih tinggi dibandingkan sebelum pandemi Covid-19.

Mayoritas pengangguran adalah lulusan SMK sebanyak 11,45 persen. Kemudian diikuti lulusan SMA sebanyak 8,55 persen dan lulusan universitas di angka 6,79 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok dan Jadwal Donor Darah di Jogja Hari Ini, Jumat 19 April 2024

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement