Advertisement

Sah! PT PGN dan Pemkab Sleman Resmi Sepakati Pembangunan Jaringan Gas

Newswire
Rabu, 26 Oktober 2022 - 19:27 WIB
Arief Junianto
Sah! PT PGN dan Pemkab Sleman Resmi Sepakati Pembangunan Jaringan Gas Penandatanganan kerja sama pembangunan jaringan gas bumi yang dilakukan General Manager SOR III PT PGN Tbk Edi Armawiria (kedua dari kiri) dan Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo (kedua dari kanan) di Kantor PGN SOR III, Surabaya, Jatim, Rabu (26/10/2022). - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Subholding Gas PT Pertamina (Persero), PT PGN Tbk, menandatangani kerja sama pembangunan jaringan gas bumi (jargas) dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman.

Penandatanganan dilakukan oleh General Manager Sales and Operation Region III (SOR III) PGN Edi Armawiria dan Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo dengan didampingi Group Head City Gas Project PGN Agung Kusbiantoro dan Sekretaris Daerah Sleman Hardo Kiswoyo di Kantor PGN SOR III, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (26/10/2022).

Advertisement

Edi Armawiria mengatakan pada tahap awal ada sekitar 5.000 sambungan rumah tangga (SR) di Sleman yang jadi prioritas, dari target sekitar 11.000 SR. 

Menurut dia, PGN menargetkan perizinan, penentuan jalur, dan utilisasi selesai pada November 2022, sehingga konstruksinya bisa segera dijalankan dan secara bersamaan sosialisasi ulang ke masyarakat.

BACA JUGA: Pegadaian Kini Fasilitasi Pembiayaan Pedagang Mi dan Bakso

Sebelumnya, PGN telah menyurvei kemampuan atau daya beli masyarakat yang menjadi acuan dari terlaksananya Program Gas Kita di Sleman dan Jogja.

"Konsep kami di Sleman dan Jogja ini berbeda dengan gas pipa yang disalurkan dari sumber pasokan yang langsung dialirkan ke pelanggan. Ini adalah program beyond pipeline, yakni sumber gas kami bawa melalui moda transportasi, kami kompres menjadi CNG atau LNG, kemudian dibawa ke Sleman. Kami akan membangun hub di Sleman, dari sana, kami akan membangun pipa distribusi untuk menyalurkan gas ke pelanggan di Sleman dan Jogja," ujarnya, Rabu.

Dalam pelaksanaannya nanti, jargas di Sleman tidak menggunakan dana APBN, melainkan penugasan negara ke badan usaha untuk bisa menggantikan konsumsi elpiji yang cukup tinggi dan 80% materialnya impor.

"MoU ini merupakan dukungan Pemkab Sleman untuk menyukseskan program strategis nasional. Tentunya, menjadi program bersama dalam menjalankan program nasional yang ditugaskan Holding Migas Pertamina yang diturunkan kepada PGN," kata Edi.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo berterima kasih atas terlaksananya kerja sama, mengingat Sleman adalah kota pariwisata dan pendidikan dengan banyak hotel, restoran, serta perguruan tinggi baik negeri maupun swasta.

"Oleh karena itu, kami sangat berterima kasih dan berharap pembangunan jargas bumi ini bisa terlaksana secepatnya," katanya.

Pemkab Sleman, lanjutnya, sudah melakukan sosialisasi di Kecamatan Depok, Ngaglik dan Melati. "Di sana banyak perguruan tinggi. Masyarakat akan lebih diringankan dengan membayar gas. Akan kami fasilitasi, titik mana yang diperlukan PGN, kami bantu sehingga tidak membuka lahan sendiri dan kegiatan ini bisa berjalan dengan baik. Perizinan kita perlancar karena ini untuk kemandirian energi nasional," ujar Kustini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kabupaten Sleman Prioritaskan Pembangunan Pertanian

Sleman
| Kamis, 25 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement