Advertisement

Jaga Eksistensi Bisnis Rintisan, Pria Ini Punya Cara Jitunya

Abdul Hamied Razak
Rabu, 02 November 2022 - 15:57 WIB
Arief Junianto
Jaga Eksistensi Bisnis Rintisan, Pria Ini Punya Cara Jitunya Founder dan CEO Kotakmedia Indonesia Azwar Anas. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA -  Masa 12 tahun bukan waktu yang singkat bagi sebuah perusahaan rintisan atau startup yang bergerak di bidang digital branding. Namun berkat kegigihan, inovasi dan kreativitas manajemen di bawah komando Founder dan CEO ‎Kotakmedia Indonesia‎ Azwar Anas.  

Kotakmedia Indonesia merupakan perusahaan di bidang creative digital agency yang fokus pada layanan teknologi informasi, digital marketing dan creative agency.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Sejak didirikan pada 10 April 2010 lalu, Kotakmedia Indonesia diisi oleh anak-anak muda yang kreatif. Mereka berasal dari beragam alumni perguruan tinggi swasta di Jogja dengan spesialisasi di bidang masing-masing.

Saat awal merintis, Kotakmedia Indonesia hanya digawangi tiga orang pengelola dengan layanan Web Development dan Computer Service.

Selang tiga tahun, tepatnya pada 2013 Kotakmedia Indonesia merambah Social Media Management. Setahun kemudian, startup ini menggandeng salah satu perusahaan fesyen di Jogja dengan mengembangkan e-commerce di bidang fesyen dan gaya hidup.

Penanaman jiwa muda dan kreatif, menjadi salah satu tolok ukur keefektifan kerja di Kotakmedia Indonesia. Pasalnya, mereka terbiasa berpikir secara out of the box.

BACA JUGA: Daftar Harga Terbaru BBM Pertamina Mulai 1 November

Dengan pengalaman lebih dari 12 tahun, Kotakmedia Indonesia menggandeng Koneksi Space & Studio untuk menunjang berbagai kegiatan dengan mempunyai fasilitas yang cukup lengkap seperti studio foto, event space serta co-working dan area kantor yang nyaman.

Advertisement

Memasuki usia yang ke-12 tahun, Kotakmedia Indonesia pun menempati lokasi baru di Jalan Kaliurang Km. 9 dengan konsep open space sebagai ecosystem builder. "Ya konsistensi dan tanggungjawab dalam pekerjaan, itu menjadi kunci kami mampu bertahan sampai saat ini," kata ‎ Azwar kepada Harian Jogja, Senin (24/10/2022).

Jadikan Teman

Selama mengelola perusahaan tersebut, pria kelahiran‎ Jepara pada 1986‎ itu tidak memiliki batasan dengan karyawan (timnya). Meski menjadi pucuk pimpinan di perusahaan tersebut, dia tetap menjadikan karyawannya sebagai teman.

Advertisement

Meski menerapkan kedisiplinan dan menekankan pada tanggungjawab, pendekatan untuk membangun dan menjalankan perusahaan bersama generasi milenial dan Gen Z tidak dilakukan secara kaku.

"Ya karena mereka [karyawan] merupakan generasi berbeda. Saya menerapkan pendekatan tidak keras, tidak kaku tetapi dengan manajemen yang fleksibel," kata alumnus Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) itu.‎

Selain itu, keterbukaan juga menjadi kunci dari bisnis ini untuk terus bisa berkembang. Blue print perusahaan, lanjut Anas disampaikan kepada para karyawan untuk memupuk semangat mereka dalam upaya meraih mimpi. "Sebuah perusahaan mesti memiliki blue print, bagaimana progres dan perkembangannya. Nah di sana ada harapan dan mimpi ke depan bersama untuk dapat diraih," ucap dia. 

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Tiga Bansos di Gunungkidul Cair Bersamaan untuk Puluhan Ribu Orang

Gunungkidul
| Kamis, 01 Desember 2022, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Punya 100 Gerbong, Kereta Api Ini Mampu Meliuk di Pegunungan Alpen

Wisata
| Kamis, 01 Desember 2022, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement