Advertisement

Ini Pentingnya Investasi di Reksadana untuk Anak Muda

Media Digital
Jum'at, 18 November 2022 - 21:37 WIB
Budi Cahyana
Ini Pentingnya Investasi di Reksadana untuk Anak Muda Para narasumber berfoto bersama dalam kegiatan Stadium Generale Generasi Muda Melek Investasi, di GSP UGM, Jumat (18/11/2022). - Ist

Advertisement

JOGJA—Kalangan mahasiswa diharapkan bisa melek investasi. Salah satunya dengan berinvestasi melalui reksadana. 

Head Of Retail and Digital Distribution Channel PT Danareksa Investment Management Bagus Setyawan mengatakan danareksa menjadi salah satu cara bagi mahasiswa untuk belajar berinvestasi. Selain mudah dan murah, risikonya juga lebih terjaga.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Dalam Kegiatan Stadium General di Grha Saba Pramana UGM, Bagus memaparkan cara berinvestasi di reksadana. Dia mengenalkan 8 pokok bahasan utama reksadana kepada para mahasiswa. Mulai dari manfaat reksadana, risiko, hak dan kewajiban, jenis reksadana dan cara menghitung imbal hasil reksadana.

"Masalah biaya, denda dan pajak juga harus dipahami mahasiswa. Termasuk perlindungan konsumen seperti apa. Ini bisa menjembatani agar investasi yang dilakukan mahasiswa aman dan nyaman," katanya saat menjadi pembicara bertema Generasi Muda Melek Investasi, Jumat (18/11/2022).

Dia menjelaskan reksadana adalah wadah untuk menghimpun dana masyarakat yang dikelola oleh badan hukum yang bernama Manajer Investasi, untuk kemudian diinvestasikan ke dalam surat berharga seperti saham, obligasi, dan instrumen pasar uang. "Manfaat reksadana ini salah satunya adalah investasi yang terjangkau. Dengan Rp10.000 mahasiswa bisa berinvestasi di reksadana," katanya.

Investasi ini, lanjut Bagus, mudah  dan bebas pajak. Selain itu, channel penjualannya tersebar luas beli. Dengan demikian, maka investasi di reksadana dinilai sangat fleksibel tanpa kena pinalti meskipun dijual pokoknya, bunganya atau pokok dan bunganya sekaligus.

Meksi begitu, Bagus tetap mengingatkan jika investasi di reksadana tetap memiliki risiko. Misalnya risiko penurunan nilai. Besarnya keuntungan dan hasil atau harga investasi reksadana bisa dilihat dari nilai aktiva bersih per unit penyertaan. Bisa juga risiko likuiditas dan risiko ekonomi dan politik. "Namun tidak perlu khawatir keamanan produk reksadana sudah sesuai dengan pakem OJK," katanya.

Menurutnya instrumen reksadana memiliki keamanan dan indikator yang cocok dengan ketentuan OJK dan sudah memenuhi kaidah serta peraturan OJK. "Jadi di antara banyaknya investasi yang ditawarkan saat ini, reksadana merupakan produk investasi yang cocok untuk anak muda. Reksa dana sangat terjangkau, bahkan kalian bisa mulai investasi seharga minuman boba," kata Bagus. 

Advertisement

Consumer Banking Head Regional Officer Yogyakarta PT Bank BRI Muhammad Bayu Pancakusuma mendorong agar generasi muda untuk mengelola dan merencanakan keuangan dengan baik. Salah satunya memiliki tabungan dan reksadana. BRI terus membantu untuk melakukan kegiatan inklusi keuangan salah satunya dengan menyasar kalangan mahasiswa. (***)

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Piala Dunia 2022

Advertisement

alt

Tiga Bansos di Gunungkidul Cair Bersamaan untuk Puluhan Ribu Orang

Gunungkidul
| Kamis, 01 Desember 2022, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Punya 100 Gerbong, Kereta Api Ini Mampu Meliuk di Pegunungan Alpen

Wisata
| Kamis, 01 Desember 2022, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement