Advertisement

Jokowi Sampai 8 Kali Ucapkan 'Hati-Hati' di Pertemuan Tahunan BI

Alifian Asmaaysi
Kamis, 01 Desember 2022 - 09:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Jokowi Sampai 8 Kali Ucapkan 'Hati-Hati' di Pertemuan Tahunan BI Presiden RI Joko Widodo saat berpidato di acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia pada Rabu (30/11 - 2022). Dok. Biro Setpres RI.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Pertemuan Tahunan Bank Indonesia pada Rabu (30/11/2022). Dalam pidatonya, Jokowi melontarkan kata "hati-hati" terhitung hingga delapan kali tatkala memaparkan proyeksi ekonomi pada tahun 2023 mendatang.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi berpesan bahwa saat ini kondisi global masih tidak pasti dan sulit untuk diprediksi.

Advertisement

“Pada tahun 2023 betul-betul kita harus hati-hati dan waspada tanpa mengurangi optimisme," ujar Jokowi saat berpidato di acara Pertemuan Bank Indonesia, Rabu (30/11/2022). 

Berdasarkan catatan Bisnis, Jokowi menyebutkan kata "hati-hati" hingga delapan kali saat berbicara di depan para hadirin. Selain itu, Kepala Negara juga acap kali melontarkan kata "waspada". 

Baca juga: Asyik! Bunga KUR Supermikro Tetap 3%

Hal tersebut dilakukan Jokowi bukan tanpa alasan. Dia mengatakan gejolak ekonomi global yang diproyeksi pada tahun depan perlu mendapat perhatian khusus demi menjaga ketahanan ekonomi nasional.

"Saya bertemu seluruh kepala negara dengan GDP terbesar di dunia, sama semuanya pusing. Oleh sebab itu kita harus hati-hati dan waspada," ucap Jokowi. 

Di samping itu, Jokowi juga mengajak masyarakat untuk berhati-hati mengingat kondisi ekspor Indonesia pada tahun depan dilaporkan bakal terdampak sejalan dengan konflik geopolitik antara Rusia Ukraina hingga perang dagang antara Amerika dan China.

"Ekspor Indonesia pada tahun ini dan tahun lalu melompat tinggi sekali, tapi hati-hati tahun depan bisa menurun karena problem tiongkok belum selesai. Terlebih lagi ekonomi mereka juga menurun karena kebijakan 0 Covid-19," pungkas Jokowi.

Tak berhenti sampai disitu, orang nomor 1 di Indonesia tersebut kembali menekankan kata "hati-hati" pada pidatonya saat menjabarkan target realisasi investasi RI pada tahun 2023.

Dijelaskan, pada 2021 target investasi Indonesia mencapai target Rp900 triliun. Sementara pada tahun 2022 Indonesia dilaporkan bakal mencapai target investasi Rp1.200 triliun. Adapun, target realisasi investasi untuk tahun telah telah ditetapkan sebesar Rp1.400 triliun.

"Kenapa kita di kuartal III bisa tumbuh? Karena didukung oleh investasi yang masih baik, tapi tahun depan? Hati-hati tidak mudah angka Rp1.400 triliun itu," tekan Jokowi.

Pada kesempatan yang sama, Jokowi juga menghimbau Provinsi Maluku Utara yang telah mencatatkan pertumbuhan ekonomi positif yang sangat impresif untuk berhati-hati dalam menjaga stabilitasnya.

Untuk diketahui sebelumnya, Maluku Utara menjadi salah satu provinsi yang mencatatkan kinerja pertumbuhan ekonomi cukup signifikan mencapai 27 persen dengan tingkat inflasi hanya 3.3 persen.

Dia menilai melesatnya pertumbuhan ekonomi di Maluku Utara karena efek dari hilirisasi smelter. Menurut Jokowi, ekonomi Maluku Utara bisa tumbuh lebih pesat seiring bertambahnya smelter dan industri turunan nikel.

Meski demikian, Jokowi mengingatkan agar pemerintah daerah tetap hati-hati. Jangan sampai kondisi yang sudah sangat bagus berubah menjadi tidak baik.

"[Untuk Maluku], ini bukan hati-hati gak baik, tapi hati-hati agar jangan menjadi gak baik. Dan yang bagus lagi di Maluku Utara itu, waktu saya ke pasar di Ternate, harga-harga itu sangat stabil sekali," jelas Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ini Rekayasa Lalu Lintas yang Disiapkan Polres Bantul Untuk Atasi Kemacetan saat Libur Lebaran

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement