Advertisement

Hore! Kereta Api Malioboro Ekspres Jogja Malang Bisa Kembali Dinikmati

Abdul Hamied Razak
Selasa, 14 Maret 2023 - 19:27 WIB
Budi Cahyana
Hore! Kereta Api Malioboro Ekspres Jogja Malang Bisa Kembali Dinikmati Ilustrasi rel kereta api - Instagram KAI @kai121_

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—PT KAI mengaktifkan kembali kereta Malioboro Ekspres untuk meningkatkan pelayanan kereta api selama masa mudik Lebaran tahun ini. Kereta ini memulai perjalanannya dari Stasiun Tugu Jogja menuju Stasiun Kota Baru Malang.

Manajer Humas KAI Daop 6 Yogyakarta Franoto Wibowo mengatakan kereta Malioboro Ekspres kembali diaktifkan mulai pada 12 April mendatang. "Kereta ini akan dioperasikan kembali pada masa angkutan Lebaran, mulai 12 April mendatang," katanya kepada Harian Jogja, Selasa (14/3/2023).

Advertisement

Fran menjelaskan KA Moleks (Malioboro Ekspres) merupakan kereta eksekutif dan ekonomi AC plus. Kereta ini akan melayani masyarakat yang akan berangkat dari Jogja menuju Malang dan juga sebaliknya. "Keberadaannya dulu sangat membantu relasi Jogja dengan Malang. Jogja maupun Malang adalah destinasi wisata," kata Fran.

Fran mengatakan KA Moleks beroperasi sejak 2012 lalu untuk relasi Jogja-Malang. Namun, karena okupansi saat itu tidak terlalu baik, KA Moleks dihentikan sementara sejak April 2020. Kini, menyambut arus mudik dan balik Lebaran 2023 KAI, kembali mengoperasikan kereta tersebut. Jika okupansi KA Moleks terus meningkat, bukan tidak mungkin relasi Jogja-Malang dengan KA Moleks bisa ditetapkan kembali.

BACA JUGA: Akan Dibuka Sebagian untuk Mudik Lebaran, Kapan Tol Jogja Solo Selesai?

"Nah, untuk menyambut Lebaran tahun ini, KA Moleks kami jalankan kembali untuk melayani kebutuhan dan minat masyarakat baik yang akan ke Malang maupun ke Jogja. Setelah itu akan kami evaluasi apakah tetap dilanjutkan atau tidak," ujar Fran. 

Pada Lebaran tahun ini, kata Fran, perseroan menyediakan sejumlah kereta tambahan, seperti Seperti KA Sancaka Tambahan (Surabaya Gubeng-Jogja PP), KA Argo Lawu Tambahan (Solo Balapan-Gambir PP), KA Argo Dwipangga Tambahan (Solo Balapan-Gambir PP), KA Taksaka Tambahan (Jogja-Gambir PP), dan KA Malioboro Ekspres (Malang-Jogja PP). 

BACA JUGA: Mudik Gratis Kemenhub Dibuka Siang Ini, Ini Cara Daftarnya

"Total per hari ada 3.300 tempat duduk yang disediakan untuk kereta tambahan. Ini di luar yang reguler. Ada sekitar 11.000 tempat duduk yang disediakan kereta reguler untuk keberangkatan stasiun wilayah Daop 6 [Jogja, Solo, Kutoarjo]," katanya.

Tiket tambahan khusus Angkutan Lebaran 2023 ini dapat dipesan melalui aplikasi KAI Access, laman resmi kai.idcontact center 121, maupun pihak ketiga yang bekerja sama dengan KAI dalam penjualan tiket. Pembelian tiket melalui loket di stasiun, hanya bisa dilakukan tiga jam sebelum jadwal keberangkatan kereta. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal KRL Jogja Solo, KRL Solo Jogja dan Prameks Ditambah selama Libur Iduladha 2024

Jogja
| Jum'at, 14 Juni 2024, 21:57 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja: Berburu Street Food di Kotabaru

Wisata
| Minggu, 09 Juni 2024, 20:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement