Advertisement

Libur Lebaran, BPD DIY Buka Layanan Terbatas di Semua Kantor Cabang

Media Digital
Rabu, 19 April 2023 - 15:37 WIB
Arief Junianto
Libur Lebaran, BPD DIY Buka Layanan Terbatas di Semua Kantor Cabang Seorang nasabah tengah dilayani oleh teller Bank BPD DIY. - Istimewa

Advertisement

JOGJA—Bank BPD DIY tetap memberikan layanan kepada masyarakat selama libur Lebaran 2023. 

Tak cuma layanan terbatas di konter Kantor Cabang, Bank BPD DIY juga memberikan layanan tak terbatas melalui mesin ATM, mesin tarik dan setor CRM (Cash Recycle Machine) yang tersebar di seluruh kabupaten dan kota di wilayah DIY, layanan mobile banking, serta melalui agen laku pandai.

Advertisement

Direktur Utama Bank BPD DIY, Santoso Rohmad mengatakan layanan terbatas ini berlaku pada 19-20 April 2023 di semua Kantor Cabang hingga pukul 12.00 WIB.

Kemudian pada 21-25 April layanan di Kantor Cabang akan tutup dan kembali buka pada 26 April 2023.

Layanan terbatas tersebut dimaksudkan untuk memberikan pelayanan kepada nasabah dalam penukaran uang baru, termasuk melayani setoran-setoran dari toko-toko, para pedagang yang diperkirakan mengalami peningkatan omzet Lebaran.

Dengan demikian, uang nasabah bisa disimpan di Bank BPD DIY dengan aman. Jadi selama liburan, nasabah tidak perlu khawatir karena masih ada layanan terbatas maupun layanan nontunai.

Mengantisipasi peningkatan kebutuhan penukaran uang tunai baru, Bank BPD DIY menyediakan Rp3,4 triliun sejak awal Ramadan.

"Animo masyarakat untuk melakukan penukaran uang cukup tinggi sejak awal periode Lebaran. Masyarakat bisa melakukan penukaran uang baru secara langsung ke kantor kami," ujar Santoso, Rabu (19/4).

Bank BPD DIY juga menyiapkan ketersediaan uang tunai di ATM khususnya selama periode cuti Idulfitri. Peningkatan kebutuhan transfer juga diantisipasi dengan mengalkulasi saldo giro Bank Indonesia maupun pada bank umum yang menjadi perantara transfer antarbank. "Ini mengantisipasi risiko likuiditas yang timbul akibat melonjaknya permintaan uang tunai maupun transfer secara keseluruhan," ucapnya.

Selain memaksimalkan layanan uang tunai, BPD DIY juga mendorong masyarakat untuk melakukan transaksi secara digital. Saat ini Bank BPD DIY memiliki 175.000 pengguna aplikasi mobile banking dan merchant QRIS sebanyak 93.000.

Kondisi likuiditas Bank BPD DIY juga cukup baik dengan proporsi secondary reserve masih di angka 27% dan rasio AL/NCD sebesar 97%.

Dia menjelaskan jumlah dana yang berputar di DIY pada momen Lebaran ini diperkirakan akan melonjak. Hal ini dipengaruhi beberapa faktor di antaranya aliran dana dari pemerintah pusat pada kuartal I, tambahan dari proyek-proyek pemerintah pusat yang berada di DIY, hingga penyaluran tunjangan hari raya (THR), tunjangan sertifikasi guru baik negeri maupun swasta.

Pada momen Lebaran ini, diperkirakan animo masyarakat dalam menggunakan uang tunai akan meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

Selain karena DIY merupakan daerah wisata, DIY juga menjadi kota tujuan mudik Lebaran. Terlebih dengan dicabutnya PPKM pada momen Lebaran ini akan semakin mendongkrak kebutuhan uang tunai.

"Ekspektasi perputaran dana akan meningkat khususnya pada pemudik yang datang ke DIY untuk membelanjakan uangnya pada UMKM khususnya nasabah BPD DIY, sehingga aliran dana diharapkan masuk ke BPD DIY juga meningkat," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Tingkatkan Kesertaan KB Pria, Perwakilan BKKBN DIY Selenggarakan Kelompok KB Pria

Jogja
| Kamis, 18 April 2024, 17:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement