Advertisement

Seru! 2.500 Pelari Ikuti Ambarrukmo Volcano Run, Disuguhi Pemandangan nan Memesona

Media Digital
Minggu, 28 Mei 2023 - 14:17 WIB
Arief Junianto
Seru! 2.500 Pelari Ikuti Ambarrukmo Volcano Run, Disuguhi Pemandangan nan Memesona Para pelari mengikuti Ambarrukmo Volcano Run yang start di Museum Gunung Api Merapi, Sleman Minggu (28/5/2023). - Harian Jogja/Anisatul Umah

Advertisement

SLEMAN—Sebanyak 2.500 peserta turut berpartisipasi dalam event lari bertajuk Ambarrukmo Volcano Run yang startnya digelar di Museum Gunung Api Merapi, Sleman, Minggu (28/5). Peserta lomba lari itu dibagi dalam tiga kategori 5K, 10K dan 21K (half marathon).

General Manager Plaza Ambarrukmo, Surya Ananta mengatakan event kali ini tergolong awalan karena ke depan direncanakan bakal digelar secara tahunan.

Advertisement

Menurutnya, Ambarrukmo Volcano Run akan menjadi pendorong untuk terus berkembang lebih ideal dan lebih bagus lagi. "Ini akan jadi awal dari event tahunan rutin, di mana sebelumnya kami sudah punya Tour de Ambarrukmo yang juga akan diselenggarakan 22 Juli yang akan datang," ucapnya saat ditemui di lokasi start Ambarrukmo Volcano Run.

Sebagai salah satu kota destinasi wisata, kata dia, Jogja sangat menarik untuk dikunjungi. Oleh karena itu para pelaku usaha perlu mengadakan event semacam ini secara rutin, mengundang masyarakat seluruh Indonesia. Dia pun optimistis event semacam ini animonya akan tinggi.

BACA JUGA: Mau Merasakan Sensasi Lomba Lari di Kaki Merapi? Daftar Ambarrukmo Volcano Run yuk

Surya mengklaim tiket Ambarrukmo Volcano Run terjual dengan cepat. Rata-rata peserta berasal dari komunitas, sehingga sekali pembelian langsung dalam jumlah yang banyak.

"Ini menjadi sebuah kolaborasi, tidak hanya spotnya, tetapi juga wisata kuliner, ini akan menjadi daya tarik bersama-sama. UMKM kami suguhkan karena jadi salah satu sasaran utama," lanjutnya.

Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Raden Isnanta mengapresiasi atas digelarnya Ambarrukmo Volcano Run. Para peserta bisa menikmati keindahan Kaliurang, kuliner, dan tentunya mendapatkan kesehatan dan kebugaran. "Atas nama Kemenpora berikan apresiasi. Ini adalah event olahraga berbasis sport tourism," ucapnya.

Dia menyebut sudah berdiskusi dengan panitia, dan kegiatan semacam ini rencananya akan terus digelar dengan berpindah-pindah destinasi wisata. Ini akan semakin mengenalkan berbagai destinasi wisata di Jogjakarta. "Ini akan semakin mempopulerkan Jogja sebagai salah satu destinasi," kata dia.

Sementara itu, Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo menyampaikan Ambarrukmo Volcano Run menjadi daya tarik tersendiri bagi bagi pencinta olahraga lari. Kedatangan ribuan peserta bisa mendongkrak ekonomi dan wisata khususnya di Sleman.

"Kehadiran para peserta Ambarukmo Volcano Run ini berdampak pada pemulihan ekonomi masyarakat dan pariwisata di Sleman," ucap Kustini

Salah satu peserta lari 21K, Azka Anisa, 30 mengaku tertarik untuk ikut dalam event lari yang menyuguhkan pemandangan alam. Dia sudah berlatih sebelum ikut event ini. Baik latihan harian dan mingguan. "Saya ambil yang 21K karena view-nya yang paling bagus. Sebelumnya sudah latihan. Hari ini pengin finis ceria."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Harga Tiket KA Bandara YIA Hanya Rp20.000, Berikut Cara Memesannya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement