Advertisement

Gaji Pilot Emirates Capai Rp230an Juta per Bulan, Jokowi Kalah Jauh

Bernadheta Dian Saraswati
Jum'at, 02 Juni 2023 - 15:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Gaji Pilot Emirates Capai Rp230an Juta per Bulan, Jokowi Kalah Jauh Ilustrasi Pesawat Emirates Airlines di Bandara Internasional Dubai (10/5/2016). - Reuters/Ashraf Mohammad

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Emirates baru saja mendarat perdana di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Denpasar, Bali. Pesawat ini menjadi salah satu maskapai terbaik dunia. Besaran gaji pilotnya pun membuat orang penasaran. 

Pada pendaratan perdananya 1 Juni 2023 kemarin, Emirates A380 dikendalikan seorang pilot asal Indonesia bernama Kardibaldi Wardaja. Dirinya telah bekerja dengan Emirates selama kurang lebih 16 tahun lamanya.

Advertisement

Pekerjaan sebagai pilot disebut sebagai salah satu profesi yang memiliki gaji terbesar di dunia. Hal ini tak lain karena biaya sekolah dan sertifikasi yang besar.

Dalam Emirates sendiri, pilot tak hanya memiliki gaji pokok saja. Melainkan berbagai tunjangan mewah seperti rumah dan apartemen. Bahkan libur dan cuti yang diberikan pun bisa lebih dari 12 kali dalam satu tahun.

Melansir dubaiofw.com dari Bisnis.com-jaringan Harianjogja.com, gaji bulanan dibedakan dari ranking dan pesawat yang diterbangkan. Kapten Emirates yang menerbangkan A380 dan B777 memiliki gaji pokok AED 42,695 atau sekitar Rp172 juta per bulan.

Baca juga: Pemprov Beberkan Alasan Kuat Tanah Kas Desa Tak Boleh Dijadikan Hunian

Itu belum ditambah dengan tunjangan sekitar AED 16,075 (Rp65 juta) setiap terbangnya. Sehingga total gaji yang didapat bisa mencapai Rp230-an juta.

Sedangkan gaji untuk First Officer adalah Rp121 juta dengan tambahan tunjangan sekitar Rp50 juta. Sehingga total gaji yang didapat mencapai Rp170 juta.

Tunjangan lain yang didapatkan oleh pilot Emirates yakni di antaranya cuti sebanyak 42 hari dalam setahun (khusus kapten). Kemudian tunjangan anak berupa asuransi pendidikan, tunjangan kesehatan dan gigi, tunjangan asuransi nyawa dan diskon kartu platinum.

Namun yang perlu diingat adalah gaji besar ini sepadan dengan jam terbang yang bisa mencapai 3000 jam.

Dibandingkan dengan gaji pokok Presiden Joko Widodo (Jokowi), gaji pilot Emirates jauh di atasnya. Melansir dari berbagai sumber, gaji pokok Presiden Jokowi di angka Rp30 jutaan per bulan. Sementara besaran tunjangan juga tidak jauh berbeda di kisaran Rp30an juta per bulan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Produksi Ikan Tangkapan dan Budi Daya di Gunungkidul Hanya Naik Tipis

Gunungkidul
| Selasa, 19 Maret 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement