Advertisement

XL Axiata Gelar Pelatihan Literasi Digital Bagi Penyandang Disabilitas di UGM

Anisatul Umah
Jum'at, 09 Juni 2023 - 11:57 WIB
Sunartono
XL Axiata Gelar Pelatihan Literasi Digital Bagi Penyandang Disabilitas di UGM Disabilitas yang berasal dari Komunitas Tunanetra berlatih menggunakan voice over pada pelatihan pembuatan content audio di Masjid Kampus UGM, Sleman, Kamis (8/6/2023). Pelatihan diikuti total sekitar 60 peserta dan mengajarkan sejumlah ketrampilan digital seperti pembuatan konten dan publikasi di media sosial. Harian Jogja - GigihM. Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melalui program XL Axiata Peduli menggelar pelatihan literasi digital bagi komunitas penyandang disabilitas. Acara pada awal Juni 2023 ini digelar di Temanggung dan Yogyakarta.

Pelatihan di Yogyakarta digelar di Masjid Kampus UGM dan akan berakhir pada hari ini, Jumat (9/6/2023). Kegiatan ini dihadiri oleh disabilitas netra yang berasal dari Komunitas Tunanetra Nasional. Peserta mengikuti workshop dan mentoring produksi konten audio video edukasi.

Advertisement

"Materi yang diberikan pada pelatihan ini lebih mengangkat cara membuat audio video edukasi di media sosial Instagram dan YouTube," ucap Chief of Corporate Affairs XL Axiata, Marwan O Baasir dalam keterangan resminya dikutip, Jumat (9/6/2023).

BACA JUGA : XL Axiata Siap Hadapi Lonjakan Trafik Data di DIY dan Jateng

Peserta dikenalkan dengan digital, juga edukasi kesetaraan pemanfaatan sarana ibadah bagi disabilitas netra dalam bentuk video.  

"Di akhir pelatihan nantinya, para peserta diminta untuk membuat tiga karya video edukasi berdurasi tiga menit khusus untuk Komunitas Tunanetra Nasional serta video edukasi kesetaraan pemanfaatan sarana ibadah bagi disabilitas netra," lanjutnya.  

Sementara itu, pelatihan di Temannggung sudah berlangsung pada 2-6 Juni 2023 lalu diikuti santri disabilitas rungu di Pondok Pesantren ABATA Temanggung. Peserta diajarkan bagaimana meningkatkan dan memanfaatkan sarana yang ada.

Pelatihan yang digelar di Yogyakarta dan Temanggung, etidaknya diikuti oleh sekitar 60 perserta yang berasal dari Temanggung, Magelang, dan DIY.

Dalam rangkaian pelatihan, XL Axiata bekerjasama dengan dengan Komunitas Bloggercrony Indonesia, Komunitas Tunanetra Nasional, Yayasan Benih Baik Indonesia, Masjid Kampus Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Yayasan Indah Berbagi, dan Koneksi Indonesia Inklusif/KONEKIN. 

Marwan mengatakan berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik pada 2022, jumlah pekerja disabilitas sebesar 5,37% atau 7,04 juta orang. Data ini menunjukkan pekerja dengan disabilitas di Indonesia masih minim.

Salah satu penyebabnya adalah kurangnya kompetensi keahlian yang dimiliki teman-teman penyandang disabilitas. "Kondisi inilah yang mendorong XL Axiata untuk meningkatkan kompetensi pekerja disabilitas melalui serangkain pelatihan," ucapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, sebagian besar peserta yang hadir adalah penyandang disabilitas usia kerja maupun yang telah siap masuk ke dunia kerja.

BACA JUGA : Mobilitas Masyarakat Semakin Tinggi, XL Axiata Tingkatkan

XL Axiata memberikan kesempatan magang bagi penyandang disabilitas. Penyandang disabilitas didorong untuk berada dalam kondisi yang inklusif, bisa mengembangkan potensi yang ada, dan punya daya tawar di dunia kerja.

"Harapannya, penyandang disabilitas memiliki semangat dan tidak minder untuk bisa bekerja di perusahaan swasta maupun pemerintah dengan kemampuan yang dimiliki masing-masing."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Muncul Poster Ancaman Siksa Kubur bagi Pembuang Sampah Sembarangan, Ini Penjelasan DLH Bantul

Bantul
| Kamis, 25 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement