Advertisement

Kantor Imigrasi Yogyakarta Gelar Layanan Paspor Merdeka di Lippo Plaza

Media Digital
Sabtu, 05 Agustus 2023 - 12:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Kantor Imigrasi Yogyakarta Gelar Layanan Paspor Merdeka di Lippo Plaza Suasana Layanan Paspor Merdeka 2023 di ULP Lippo Plaza Jogja, Sabtu (5/8 - 2023). Anisatul Umah/Harian Jogja.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA— Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta menggelar Layanan Paspor Merdeka 2023 di Unit Layanan Paspor (ULP) Lippo Plaza Jogja.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) DIY Agung Rektono Seto mengatakan Layanan Paspor Merdeka adalah salah satu terobosan dari Kemenkumham. Layanan di akhir pekan ini memberikan kesempatan bagi masyarakat yang tidak sempat mengurusnya pada Senin- Jumat.

Advertisement

BACA JUGA: Keren! Imigrasi Kini Bisa Cekal Warga Negara Cukup dengan Deteksi Foto

"Ini juga dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia ke 78 dan sekaligus hari lahir Kemenkumham yang ke 78. Mudah-mudahan bisa meningkatkan layanan kepada masyarakat khususnya dalam pembuatan paspor," ucapnya, Sabtu (5/8/2023).

Menurutnya layanan di akhir pekan setiap tahun digelar, namun dengan momen yang berbeda-beda. Tahun ini Layanan Paspor Merdeka, dia berharap tahun depan bisa digelar kembali. Layanan ini digelar serentak di seluruh Indonesia.

"Kalaupun ini sudah selesai, ada layanan kami Sabtu Minggu namanya layanan paspor simpatik. Dan di hari kerja tetap buka baik di Kantor Imigrasi, UPL Lippo Plaza, Unit Kerja Kantor (UKK) Imigrasi UGM, dan MPP Kulonprogo juga ada," jelasnya.

Kuota yang diberikan pada Layanan Paspor Merdeka yakni 50 melalui aplikasi dan 20 walk in. Kuota 20 walk in ini ditujukan untuk masyarakat prioritas. Seperti ibu hamil, lansia, dan juga masyarakat berkebutuhan khusus.

"Antusias bagus mereka sudah tahu ada layanan ini. Kami buka akses informasi di media sosial, ada layanan urus paspor Sabtu Minggu di Lippo."

Senada, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta, Najarudin Safaat juga berharap melalui layanan ini masyarakat yang tidak sempat mengurus pada Senin - Jumat, bisa datang ke Lippo pada akhir pekan. Dia berharap kegiatan ini bisa bermanfaat dan sekaligus bisa memeriahkan HUT RI.

"Nantinya kami akan menyesuaikan, jika animo masyarakat tinggi, nanti akan kami lihat kembali terkait kuota. Buka di jam kerja saja, mudah-mudahan masyarakat bisa memanfaatkan kegiatan ini," ungkapnya. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Sejak Januari, Ada 3.000 Lebih Kendaraan di Gunungkidul Terkena Tilang

Gunungkidul
| Rabu, 03 Juli 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement