Advertisement

Tren Penjualan Mobil di Akhir Tahun Diperkirakan Meningkat

Anisatul Umah
Selasa, 29 Agustus 2023 - 14:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Tren Penjualan Mobil di Akhir Tahun Diperkirakan Meningkat XL7 Hybrid dalam pameran di Atrium Plaza Ambarrukmo, Rabu (23/8/2203). - Harian Jogja - Anisatul Umah.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA— Tren penjualan mobil pada akhir tahun diperkirakan bakal meningkat. Branch Manager PT. Sumber Baru Citra Mobil Hyundai Adisucipto, Adriano Roniasi Simorangkir mengatakan salah satu yang mendorong penjualan di akhir tahun adalah dengan adanya berbagai program khusus.

Selain itu, banyak orang yang melakukan perjalanan pada akhir tahun menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) untuk pulang kampung. Menurutnya momen Nataru juga berdampak pada penjualan selain momen lebaran Idul Fitri.

Advertisement

BACA JUGA: Tips Membeli Mobil Baru

"Pastinya [penjualan meningkat] di akhir tahun biasanya kita ada program-program khusus. Mungkin pada Desember rata-rata orang kan pada keluar kota," paparnya beberapa hari lalu.

Dia mencatat rata-rata penjualan di dealer Hyundai setiap bulannya sekitar 20-30 unit. Dengan dua dealer di Jogjakarta artinya penjualan sekitar 60 unit setiap bulannya. Unit yang dijual rata-rata didominasi oleh Stargazer X karena banyak digunakan kalangan keluarga.

"Biasanya kenaikannya 10 unit [akhir tahun]. Ada dua momen ramai, pas mau lebaran dan Nataru, biasanya pesanan akan naik," paparnya.

Lebih lanjut dia mengatakan insentif kendaraan listrik yang diberikan pemerintah juga bisa mendongkrak penjualan Hyundai Ioniq 5. Dari PPN 11% diberikan potongan 10% sehingga konsumen hanya membayar 1%, dan 10% potongan tersebut diakumulasikan ke diskon.

"Jadi bisa dapatkan diskon dari PPN Rp60-75 juta. Ini kan besar banget. Lumayan ya Ioniq bisa keluar 5 satu dealer. Mendongkrak pastinya [keberadaan insentif]."

Menurutnya saat ini Hyundai sudah punya dua charging station di dua dealer. Targetnya tahun ini akan tambah tiga lagi di Bank BCA Sudirman, Hotel di Kulonprogo, dan di Yogyakarta International Airport (YIA).

"Customer tidak perlu khawatir lagi kalau pakai mobil listrik, bisa cas di mana saja. Hyundai dealernya hampir 140 se Indonesia. Misal dari Jakarta mau ke Bali bisa cas di dealer terdekat. Walaupun gak ada, semua kantor PLN sudah punya SPKLU."

Sementara itu, General Manager PT Sumber Baru Mobil, Rizki Indriananta mengatakan penjualan New XL7 Hybrid pada Agustus ini lebih tinggi dari target. Pencapaiannya 170% dari target.

"Luar biasa ini XL7 Hybrid, angkanya diluar ekspektasi. Target awal 50 unit, Agustus optimis ya. Targetnya naik menjadi 75 unit," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Sederet Rangkaian HUT Kota Jogja ke-267, Ada Wayang Jogja Night Carnival

Jogja
| Kamis, 28 September 2023, 06:57 WIB

Advertisement

alt

Tiket Gratis Masuk Ancol, Berlaku Bagi Pengunjung Tak Bawa Kendaraan Bermotor

Wisata
| Selasa, 26 September 2023, 05:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement