Advertisement

Asosiasi Pensiunan Sebut 4 Masalah Ini Ada di 4 Dapen Milik BUMN

Rika Anggraeni
Selasa, 17 Oktober 2023 - 15:57 WIB
Mediani Dyah Natalia
Asosiasi Pensiunan Sebut 4 Masalah Ini Ada di 4 Dapen Milik BUMN Ilustrasi pensiun (Freepik)

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Asosiasi Dana Pensiun Indonesia (ADPI) mengungkap sejumlah permasalahan yang terjadi di tubuh dana pensiun (dapen) milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Baik dari mitra yang tidak tertib bayar hingga imbal hasil tidak memadai. 

Direktur Eksekutif ADPI Budi Sulistijo mengatakan jika dipukul rata, permasalahan yang menyelimuti dapen BUMN di antaranya pertama mitra yang tidak tertib membayar iuran peserta maupun kedua iuran pemberi kerja. Ketiga, yaitu asumsi bunga aktuaria atau bunga teknis dapen BUMN yang masih tinggi antara 8%—10%, sehingga imbal hasil tidak memadai. Keempat, adanya kemungkinan tidak optimalnya pengelolaan investasi di dapen BUMN. 

Advertisement

“Itu [4 dapen BUMN] juga ada masalah tata kelola, tapi itu masalah tata kelola kan relatif, bisa ditindaklanjuti,” kata Budi saat dihubungi Bisnis.com belum lama ini. 

Baca Juga: OJK Catat Tunggakan Pendiri Dana Pensiun Capai Rp3,61 Triliun 

Misalkan, jelas Budi, pensiunan yang sudah meninggal dunia atau berganti status. Namun, Budi menuturkan permasalahan yang terjadi di tata kelola merupakan masalah prinsip yang bisa diperbaiki. Budi juga menyampaikan ADPI selaku asosiasi telah berkomunikasi dengan empat dana pensiun BUMN, pasca Kementerian BUMN mengumumkan empat dapen yang telah merugikan negara hingga Rp300 miliar. 

Adapun, keempat dana pensiun yang dimaksud [sebagaimana hasil penyerahan audit dana pensiun pelat merah oleh Menteri BUMN Erick Thohir] antara lain dapen Inhutani, PTPN, Angkasa Pura I, dan IDFood.  “Kami melakukan dialog dan berkomunikasi [kepada empat dapen BUMN bermasalah] setelah diumumkan [Kementerian BUMN],” ujarnya. 

Dalam komunikasi tersebut, Budi menuturkan ADPI hanya bisa mengimbau keempat dapen BUMN ini untuk menampilkan laporan kepada asosiasi agar pihaknya juga bisa membantu dan mencari solusi. Keempat dapen BUMN ini telah bersepakat untuk menenangkan pada pensiunan dan akan tetap menagih iuran kepada para mitra. 

“Kemudian pengelolaannya akan ditingkatkan dan yang sudah diperbaiki lebih maksimal lagi, tapi yang penting adalah menenangkan para pesertanya [pensiunan],” sambungnya. 

Baca Juga: Dana Pensiun Banyak Bermasalah, ADPI: Kami Lakukan Perbaikan Tata Kelola 

Pasalnya, Budi menyebut banyak peserta dapen yang mulai khawatir akan nasib pensiunan mereka karena kabar kerugian yang telah diungkap oleh Kementerian BUMN bersama dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Kejaksaan Agung (Kejagung). “Kan banyak peserta yang khawatir nanti pensiunannya tidak dibayar bulanannya mereka secara rutin. Jadi mereka mencoba menenangkan dulu para pesertanya,” tutup Budi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA, Berangkat dari Stasiun Tugu Jogja, Minggu 5 Mei 2024

Jogja
| Minggu, 05 Mei 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement