Advertisement

Gabung Alfamind Bisa Raup Cuan, Dua Ibu Rumah Tangga Ini Bagi Tipsnya

Media Digital
Kamis, 19 Oktober 2023 - 17:37 WIB
Arief Junianto
Gabung Alfamind Bisa Raup Cuan, Dua Ibu Rumah Tangga Ini Bagi Tipsnya Nurjanah (kiri) dan Galuh saat menunjukkan aplikasi Alfamind di Jogja, Kamis (19/10/2023). - Harian Jogja/Sirojul Khafid

Advertisement

JOGJA—Dengan bergabung menjadi mitra Alfamart di Alfamind, tak cuma potensi keuntungan uang, tetapi juga bisa terkoneksi dengan banyak jaringan.

Alfamind yang berbasis komunitas memfasilitasi masyarakat untuk menjadi penjual dengan komisi produk dan komisi lainnya. Contoh keuntungan menjadi store owner (sebutan untuk anggota komunitas Alfamind) sudah dirasakan oleh Nurjanah dan Galuh Astuti.

Advertisement

Sudah sekitar setahun Nurjanah menjadi store owner Alfamind di Jogja. Perempuan 42 tahun yang merupakan ibu rumah tangga ini pertama kali mengenal Alfamind dari Instagram. Ketertarikan pada dunia berdagang membawanya menjadi anggota dan berusaha memasarkan produk-produk, mulai dari kebutuhan sehari-hari, peralatan dapur, perlengkapan rumah, sampai barang-barang elektronik.

Meski awal-awal kesusahan dalam menjual barang-barang, namun Janah mendapat pelatihan dan bimbingan dari coach Alfamind secara daring. Setelah bergabung, store owner akan bergabung dalam grup Whatsapp dengan coach masing-masing. “Dari yang hanya bisa menjual satu produk dalam sebulan, kini Janah bisa menjual puluhan barang dengan nilai lebih dari Rp10 juta per bulan,” kata Nurjanah, Kamis (19/10/2023).

Lebih dari itu, ia juga bisa menyebarkan tautan penjualan produk melalui grup Whatsapp, status di media sosial, atau dengan menghubungi secara pribadi calon konsumen.

“Setiap closing atau berhasil menjual barang, ada margin per barang. Tidak hanya itu, ada juga komisi bulanan, tiga bulanan, bahkan tahunan. Kegiatan Alfamind bisa dilakukan sambil ngapa-ngapain, enggak mengganggu aktivitas saya sebagai ibu rumah tangga, waktunya fleksibel,” kata dia.

Hal serupa juga dialami Galuh Astuti yang merupakan store owner dari Klaten. Tidak hanya komisi, dia juga mendapatkan dana hibah senilai Rp2 juta untuk modal usaha.

“Jika ada konsumen yang ingin membeli barang, tetapi baru bisa membayar beberapa bulan setelahnya, maka saya bisa menalangi terlebih dahulu dengan uang hibah tersebut. Uang hibah dari Alfamind tidak perlu dikembalikan, selama digunakan sesuai peruntukannya,” kata dia.

BACA JUGA: Pesta Rakyat Alfamart Meriahkan HUT RI ke-78

Ada pula fasilitas pinjam barang. Apabila store owner perlu memperlihatkan barang pada konsumen, maka bisa meminjam barang di gudang. Barang yang banyak di gudang juga digunakan store owner untuk berjualan secara live.

“Pertama gabung komunitas Alfamind, beli produk kaya minyak, sabun cuci, dan lainnya untuk keperluan pribadi. Baru setelah itu coba jualan produk kaya panci, ternyata untung, setelahnya ditelateni. Saat penggunaan televisi harus pake set top box [STB], dalam sebulan saya bisa jual 30 STB, itu bulan kedua saya gabung Alfamind,” kata ibu rumah tangga berusia 28 tahun itu.

Sebagai komunitas, anggota Alfamind saling membantu antara satu dengan lainnya. Mereka saling berbagi cerita cara agar sukses berjualan. Bahkan tidak jarang satu orang ke yang lainnya curhat masalah keluarga dan lainnya. “Bagi saya, komunitas Alfamind ini sudah seperti keluarga kedua.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal SIM Keliling Ditlantas Polda DIY: Hari Ini di Kantor Kelurahan Condongcatur

Jogja
| Kamis, 19 September 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Mie Kangkung Belacan Jadi Primadona Wisata Kuliner Medan

Wisata
| Selasa, 17 September 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement