Advertisement

Bulog Tetapkan Harga Komersial Rp13.900 per Kilogram

Newswire
Selasa, 24 Oktober 2023 - 23:47 WIB
Maya Herawati
Bulog Tetapkan Harga Komersial Rp13.900 per Kilogram Stok beras / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SUKOHARJO—Bulog telah menyalurkan beras komersial ke penggilingan padi dengan harga Rp12.000 per kilogram. Kementerian Pertanian (Kementan) meminta agar penggilingan padi menjual beras ke masyarakat paling mahal Rp13.900 per kilogram.

"Sejauh ini yang saya dengar terakhir harga yang dilepas dari Bulog Rp12.000 per kilogram kemudian harga di akhir (konsumen) maksimum Rp13.900 per kilogram, ini baguslah untuk kita semua," kata

Advertisement

Plt Menteri Pertanian Arief Prasetyo Adi seusai panen raya padi di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Selasa (24/10/2023).

Arief menilai distribusi beras komersial Bulog adalah langkah yang menguntungkan bagi berbagai pihak mulai dari pemerintah, pelaku usaha penggilingan padi, hingga masyarakat. Diketahui, stok beras komersial Bulog sebanyak 200 ribu ton dikucurkan langsung ke penggilingan padi secara nasional.

Langkah itu melengkapi upaya-upaya intervensi pemerintah yang telah digencarkan selama ini demi percepatan penurunan harga beras yang masih berada di atas Harga Eceran Tertinggi (HET).

BACA JUGA: Direncanakan Terpusat, Pengelolaan Sampah Sumbu Filosofis Miliki Manajemen Terpadu

"Jadi perintah Bapak Presiden Joko Widodo ke saya adalah membentuk ekosistem pangan dengan menghubungkan end to end. Mulai dari kementerian, lembaga, asosiasi, swasta, BUMN, sampai pihak di pasca panen seperti penggilingan padi. Semuanya bahu membahu utamanya untuk penguatan stok dan kestabilan harga di pasar," ujar Arief di Surakarta, Senin (23/10/2023).

Berdasarkan Panel Harga Pangan yang dikelola Badan Pangan Nasional (Bapanas), harga beras medium di pasaran kembali menggambarkan kondisi yang semakin kondusif. Terpantau harga beras medium per 23 Oktober tercatat Rp13.190 per kg. Terdapat penurunan 30 poin dibandingkan harga beras sejenis di 1 Oktober yang berada di Rp13.220 per kg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Libur Panjang Kenaikan Yesus Kristus, PHRI Prediksi Hotel di Jogja Ramai

Jogja
| Rabu, 08 Mei 2024, 16:27 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement