Advertisement

Pascapandemi, GIPI Sebut Event Sportourism di DIY Terus Meningkat

Anisatul Umah
Jum'at, 10 November 2023 - 14:07 WIB
Ujang Hasanudin
Pascapandemi, GIPI Sebut Event Sportourism di DIY Terus Meningkat Ilustrasi - Pelari beradu cepat saat mengikuti Badan Otorita Borobudur (BOB) Sunset Run 2022 di Pantai Depok, Bantul, Sabtu (20/8/2022) sore. - Harian Jogja - Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) DIY menyebut jumlah event sportourism di DIY semakin meningkat dari tahun ke tahun pascapandemi Covid-19. Ketua GIPI DIY, Bobby Ardianto mengatakan dibandingkan tahun lalu peningkatannya sekitar 30-40%.

"Kalau angka pastinya belum dapat dari BPS/Dinas Pariwisata, tapi perkiraan 30-40% kenaikan dari tahun sebelumnya," ucapnya, Jumat (10/11/2023).

Advertisement

Bobby mengatakan belum ada data yang pasti terkait dengan pendapatan dan share dari sportourism ke industri pariwisata DIY. Meski demikian menurutnya bisa dilihat bersama bahwa tidak ada sportourism atau Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE) lainnya di masa high season.

"Setiap tahun pascapandemi semakin meningkat meskipun ada beberapa berubahan tren. Misal yang dulu lebih banyak event sepeda sekarang cenderung bergeser ke run," jelasnya.

BACA JUGA: GIPI DIY Sebut Sportourism Potensial, Bisa Jadi Pengisi Saat Low Season

Sebelumnya dia menyebut DIY punya potensi besar terkait dengan sportourism. Sebab DIY memiliki beberapa sarana dan prasarana yang bisa digunakan untuk kegiatan tersebut. Termasuk dikombinasikan dengan destinasi menarik. 

"Sangat potensial untuk mengisi masa low season dan impact secara ekonomi sangat bagus karena sifatnya mass tourism."

Sportourism sangat penting digelar sebagai pelengkap kegiatan event yang bisa membantu saat low season. Ia menjelaskan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait dengan sportourism.

Seperti perizinan satu pintu untuk kelancaran kesiapan sebuah event. Lalu sisi keamanan dan  keselamatan di setiap area yang digunakan.

"Konsisten & komitmen penyelenggara agar event sportourism secara kepastian periodenya juga bisa dipastikan dan menjadi calender of event yang jelas dan pasti," ucapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Warga Pare IV Godean Bangun Tempat Pengolahan Sampah Mandiri, Bisa Olah 4 Ton Per Hari

Sleman
| Sabtu, 04 Mei 2024, 19:57 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement