Advertisement

Sisa 3 Pekan & Belanja Pemerintah Baru 64%, Jokowi: Realisasikan Secepat-cepatnya

Akbar Evandio
Rabu, 29 November 2023 - 14:17 WIB
Mediani Dyah Natalia
Sisa 3 Pekan & Belanja Pemerintah Baru 64%, Jokowi: Realisasikan Secepat-cepatnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) / Foto: Sekretariat Kabinet Republik Indonesia

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA –Realisasi belanja pemerintah pada 2023 ini di tingkat pemerintah daerah (pemda) baru 64% dan Pemerintah Pusat di kisaran 74%. Situasi ini membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) gemas.

Advertisement

Hal ini dia sampaikan Jokowi saat menyerahkan Daftar Isian Pelaksana Anggaran (DIPA) dan Buku Alokasi Transfer ke Daerah Tahun Anggaran 2024 ke Kepala Daerah di Istana Negara, Jakarta, Rabu (29/11/2023). “Realisasikan secepat-cepatnya. Saya minta informasi ke Mendagri berapa realisasi sampe saat ini. Baru 64 persen di daerah dan Pusat 74 persen. Ini tinggal 3 pekan, tetapi masih 64 persen  dan 74 persen realisasinya. Artinya, ada 3 minggu ini akan keluar uang bertriliun-triliun. Namun, ini kita ulang terus tiap tahun,” ujarnya dalam forum tersebut.

Baca Juga:

Realisasi Belanja APBN DIY Hingga Juli 2023 Capai Rp12,49 Triliun

Sri Mulyani: Rp562,6 Triliun Belanja Pemerintah Dinikmati Masyarakat

Menjaga Optimisme Realisasi Belanja Negara Tahun 2023 di Yogyakarta

Jokowi meminta agar setiap daerah dapat menyiapkan antisipasi ketidakpastian melalui automatic adjustment. Dia berharap dengan upaya tersebut penyesuaian anggarannya dapat lincah, yakni begitu ada perubahan, maka dengan segera langsung bisa menangkap penyesuaian yang baik untuk dilakukan.  "Karena ketidakpastian sekarang ini betul-betul mengintai kita setiap hari minggu, setiap bulan. Orientasinya adalah hasil. Fokusnya APBN hasil dan yang paling penting juga bermanfaat maskimal bagi rakyat," tandas Jokowi.

Untuk diketahui, Kepala Negara menyiapkan dana Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp3.325,1 triliun pada 2024 untuk digunakan oleh Kementerian/Lembaga (K/L) serta pemerintah daerah (pemda).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

BMKG: Hujan Lebat Diprediksi Terjadi di Seluruh Kota Termasuk Jogja

Jogja
| Sabtu, 24 Februari 2024, 08:07 WIB

Advertisement

alt

Pelancong Masuk ke Thailand Diwajibkan Bawa Uang Tunai Minimal Rp6,7 Juta

Wisata
| Jum'at, 23 Februari 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement