Advertisement

Direktur Utama Bank BPD DIY Santoso Rohmad Masuk Top 100 CEO 2023

Media Digital
Rabu, 06 Desember 2023 - 20:57 WIB
Maya Herawati
Direktur Utama Bank BPD DIY Santoso Rohmad Masuk Top 100 CEO 2023 Direktur Utama Bank BPD DIY Santoso Rohmad meraih penghargaan Top 100 CEO 2023 dari Infobank Media Group di Four Seasons Hotel Jakarta, Selasa (5/12/2023). - ist - BPD DIY

Advertisement

JOGJA—Direktur Utama Bank BPD DIY Santoso Rohmad meraih penghargaan Top 100 CEO 2023 dari Infobank Media Group di Four Seasons Hotel Jakarta, Selasa (5/12/2023). Penghargaan ini merupakan wujud pengakuan dan apresiasi terhadap kerja keras Santoso selama memimpin BPD DIY.

Dalam acara bertajuk Top 100 CEO 2023, Infobank memberikan penghargaan dan apresiasi kepada 100 ledear (Chief Executive Officer/CEO) terbaik dari sektor keuangan yang terdiri dari sektor perbankan, multifinance, perasuransian, dan Badan Usaha Milik Nengara.

Advertisement

Mereka, termasuk Santoso, dianggap berhasil di dalam dunianya. Pemberian penghargaan dilakukan dalam acara Top 100 CEO and The Next Leaders Forum 2023 dengan tema The Inspiration from Succesful Leaders in Crisis, di Hotel Four Season, Jakarta, Selasa (5/12/2023).

Seperti dikutip dari Infobank, Santoso Rohmad memimpin Bank BPD DIY sebagai Direktur Utama sejak 2018. Kariernya di Bank BPD DIY dibangun dari bawah. Kerja keras dan passion membuat kariernya terus menanjak. Pada periode 2003-2014, Santoso sempat menduduki berbagai jabatan manajerial di Bank BPD DIY, mulai dari pemimpin cabang hingga pemimpin divisi.

Pada 2014, Santoso yang menuntaskan pendidikan S1 dan S2 di Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta ini mendapat kepercayaan untuk masuk jajaran direksi Bank BPD DIY. Sejak 2014 hingga 2018, ia mengemban amanah sebagai direktur kepatuhan. Di bawah nakhoda Santoso, Bank BPD DIY berhasil mencatatkan kinerja yang positif. 

Cara-cara Santoso mencegah serangan krisis dan mempertahankan kesinambungan usaha saat memimpin Bank BPD DIY, dianggap memberi inspirasi bagi para CEO dan executive management di perusahaan-perusahaan. 

Eko B. Supriyanto, Chairman Infobank Media Group, sekaligus Pemimpin Redaksi Infobank menyebut tak mudah menyaring dari ribuan orang (CEO), untuk menjadi 100 CEO. “Tapi ini harus dilakukan untuk membantu industri. Paling tidak, kalau memilih orang, kita sudah membantu melakukan seleksi. Tujuan besarnya, ini untuk Indonesia yang lebih baik,Melalui kesempatan ini, Infobank ingin memberikan penghargaan kepada CEO-CEO yang kami anggap berhasil di dalam dunianya, yaitu sektor keuangan dan BUMN,” kata Eko.

BACA JUGA: Ada Penumpang Bercanda soal Ancaman Bom, Pelita Air Surabaya-Jakarta Telat Terbang

Sementara, Santoso Rohmad, mengatakan apresiasi ini menjadi motivasi bagi dirinya untuk membawa Bank BPD DIY lebih baik lagi. “Terima kasih atas penghargaan ini. Mudah-mudahan bisa membuat kinerja Bank BPD DIY lebih baik,” ujar Santoso.

Kriteria CEO

Ke-100 CEO yang menerima penghargaan, termasuk Santoso dipilih berdasarkan sejumlah kriteria. Antara lain, kinerja perusahaan yang dipimpin – didasarkan pada hasil rating 2022 versi Infobank; rating bank, rating asuransi, rating multifinance, dan rating BUMN. Kemudian, seberapa besar perusahaan yang dipimpin oleh CEO tersebut.

Selanjutnya, ada juga faktor pencapaian atau prestasi tertentu dari CEO terpilih. Misalnya, keberhasilan kinerja keuangan perusahaan, keberhasilan CEO dalam menciptakan nilai-nilai (values) pada perusahaannya, keberhasilan melakukan transformasi pada perusahaannya, berhasil melakukan turnaround pada perusahaannya, dan berhasil mengatasi krisis pada perusahaannya. Kriteria lainnya adalah pengalaman, ketokohan, dan kontribusi dari figur CEO tersebut terhadap industrinya, serta pertimbangan Dewan Redaksi Infobank.

Pada saat yang sama, Infobank juga memberikan apresiasi kepada 200 leader muda yang berusia di bawah 50 tahun, melalui ajang Top 200 Next Leaders 2023. Mereka adalah para direktur dari sektor keuangan dan BUMN.

Kemudian, Infobank juga meluncurkan buku berjudul The Art of Leadership in Crisis. Buku ini menceritakan kisah dan praktik kepemimpinan dari sembilan figure leader senior yang berhasil mengatasi krisis di perusahaannya masing-masing. Mereka adalah Mochtar Riady, Dahlan Iskan, Mumin Ali Gunawan, Djohan Emir Setijoso, Agus D.W. Martowardojo, Batara Sianturi, Elia Massa Manik, Tigor M. Siahaan, dan Ridha D.M. Wirakusumah. (***)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Gunung Merapi Keluarkan 7 Kali Awan Panas dalam Kurun Waktu 30 Menit

Jogja
| Senin, 04 Maret 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Bidik Turis Portugal sebagai Pasar Pariwisata

Wisata
| Minggu, 03 Maret 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement