Advertisement

32 Brand Terima Tokopedia Beauty Awards

Media Digital
Kamis, 07 Desember 2023 - 21:07 WIB
Arief Junianto
32 Brand Terima Tokopedia Beauty Awards Category Development Senior Lead Tokopedia, Stefanie Yuli (kiri), bersama Associate Vice President of FMCG Tokopedia, Marina Anggraini (tengah), serta Beauty Expert dan Co-Founder Venas Consulting, Affi Assegaf dalam acara Tokopedia Beauty Awards 2023. - Istimewa

Advertisement

JOGJA—Tokopedia kembali menggelar ajang penghargaan tahunan Tokopedia Beauty Awards (TBA) 2023. Melalui ajang ini, penghargaan diberikan kepada 32 produk terbaik dari pelaku usaha kecantikan dan perawatan tubuh versi pilihan masyarakat.

Vice President of Physical Goods Tokopedia, David Kartono mengatakan ajang penghargaan TBA telah hadir sejak 2020 dan terus konsisten digelar hingga kini. TBA digelar sebagai bentuk apresiasi Tokopedia terhadap pelaku usaha yang mengusung produk-produk kecantikan dan perawatan tubuh terbaik pilihan masyarakat Indonesia, baik perempuan maupun laki-laki.

Advertisement

"Dalam menentukan para pemenang, kami menggandeng para pengguna Tokopedia untuk voting kepada brand kecantikan dan perawatan tubuh pilihannya," ujar dia melalui rilis, Kamis (7/12/2023).

Sepanjang periode pemilihan 23 Oktober-19 November 2023, Tokopedia mengumpulkan ratusan ribu vote se-Indonesia melalui halaman khusus di aplikasi Tokopedia.

Ada beberapa kriteria yang digunakan dalam menentukan pemenang, mulai dari popularitas brand di media sosial mainstream, peningkatan penjualan yang signifikan hingga perkembangan produk mereka, seperti seberapa sering dicari masyarakat di Tokopedia.

Beauty Expert dan Co-Founder Venas Consulting, Affi Assegaf menyampaikan tingginya minat masyarakat pada produk lokal membuat para pelaku usaha di industri kosmetik, khususnya brand lokal, makin inovatif dalam menawarkan produk terbaik kecantikan dan perawatan tubuh untuk masyarakat Indonesia.  

"Saya sangat mengapresiasi Tokopedia karena sudah kasih panggung luas untuk para pegiat usaha di industri kecantikan, khususnya brand lokal. Rasa bangga menggunakan buatan Indonesia memang sudah seharusnya kita pupuk bersama-sama," jelasnya.

Tren Belanja Online

Tokopedia mencatat sepanjang semester I/2023 dibandingkan semester II/2019 saat pandemi, jumlah transaksi produk perawatan wajah naik hampir dua kali lipat. Sedangkan jumlah transaksi produk perawatan tubuh naik hampir 3 kali lipat.

Category Development Senior Lead Tokopedia, Stefanie Yuli mengatakan dari segi jumlah penjual, pada periode yang sama, produk perawatan tubuh mengalami kenaikan jumlah penjual hampir 2 kali lipat.

BACA JUGA: Simak! Ini Barang Paling Laris saat Ramadan-Lebaran versi Tokopedia

Sepanjang semester I/2023 produk yang paling laris di antaranya kategori produk perawatan wajah serta kecantikan. Produk yang paling laris adalah cleanser wajah, serum wajah dan krim wajah. Sedangkan produk yang paling laris di kategori produk perawatan tubuh yaitu sabun mandi, sampo, dan parfum.

Dia mengatakan ada fakta menarik di beberapa daerah, seperti Sumatra Selatan, Bali, dan Sulawesi Selatan merupakan daerah dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi produk perawatan wajah selama semester I/2023 pascapandemi dibandingkan semester II/2019 saat prapandemi, dengan peningkatan rata-rata hingga hampir tiga kali lipat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru! KRL Jogja-Solo Minggu 28 April 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Jogja
| Minggu, 28 April 2024, 00:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement