Advertisement

Cerita Jumadi Petugas PLN, Rela Terjaga demi Natal yang Bercahaya

Media Digital
Selasa, 26 Desember 2023 - 19:07 WIB
Arief Junianto
Cerita Jumadi Petugas PLN, Rela Terjaga demi Natal yang Bercahaya Ilustrasi petugas PLN. - Istimewa

Advertisement

SEMARANG—Setiap profesi memiliki suka dan duka, tak terkecuali petugas Pelayanan Teknik atau Yantek, di PT PLN (Persero).

Setiap harinya Yantek PLN bekerja dengan sistem sif untuk menjaga keandalan pasokan listrik pada masyarakat, tak terkecuali pada momen libur perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 kali ini.

Advertisement

Jumadi, seorang petugas Yantek yang telah bergabung dengan tim ini selama 24 tahun, dengan bangga menjaga pasokan listrik bagi masyarakat sebagai sebuah kebahagiaan tersendiri.

"Listrik itu kan saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok ya mas, semua alat sudah pakai listrik. Bisa kebayang kalau tidak ada listrik pasti masyarakat akan sangat bingung, maka saya bangga kerja disini bisa bermanfaat untuk orang lain," ungkapnya dengan senyum mengembang.

Jumadi menjadi salah satu dari 4.085 personel yang siaga di Jateng DIY, bagian dari total 82.000 personel PLN se-Indonesia.

Seluruh tim disiagakan pada 109 posko yg tersebar di seluruh wilayah Jateng-DIY untuk memantau kelistrikan di 366 lokasi yang terdiri dari tempat ibadah (gereja), kantor instansi, titik transportasi (bandara, stasiun dan terminal), tempat wisata dan rest area.

Di sela sif malam yang ia jalani minggu itu saat ia menjaga kelistrikan di Gereja GKI Gereformeerd, Randusari, Semarang (24/12/2023), dia menceritakan suka duka yang ia alami saat menjadi petugas Yantek PLN.

"Ya kadang sedih ya mas libur panjang gini anak saya kadang minta jalan-jalan, tapi ada tuntutan tugas yang harus saya laksanakan sehingga mungkin harus menunda waktu dulu untuk rehat bersama keluarga. Kalau pas terang gini sih masih lumayan ya mas, kadang kalau pas cuaca buruk wah itu capeknya minta ampun, telepon berdering disana sini dan gangguan yang harus diatasi bertambah," terang Jumadi.

Lebih lanjut dia menyampaikan kebahagiaan tetap ia rasakan setelah melihat senyum bahagia jemaat gereja setelah pelaksanaan misa.

"Saya sendiri muslim tetapi melihat senyum bahagia para jemaat gereja setelah misa selesai sudah menjadi kebahagiaan tersendiri, berarti apa yang saya lakukan hari ini bermanfaat," tuturnya bahagia.

Mochamad Soffin Hadi, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan DIY mengapresiasi timnya yang selalu siap siaga dalam menjaga keandalan listrik saat perayaan Natal 2023 ini.

"Saya pribadi beserta seluruh jajaran manajemen PLN mengucapkan terima kasih atas effort dan kerja keras yang telah dipersembahkan, alhamdulillah perayaan malam natal berjalan sukses dan lancar. Selanjutnya kami akan fokus pada siaga selanjutnya yaitu perayaan pergantian Tahun Baru 2024 yang kemudian akan ada juga Pesta Rakyat Pemilu 2024 di Februari, tentunya kami akan selalu siap jaga kelistrikan tetap andal," ungkap Soffin.

BACA JUGA: Peringatan Hari Listrik Nasional 2023, PLN Gelar Khitanan Massal

Dia menambahkan bahwa sistem kelistrikan di wilayah Jawa Tengah dan DIY pada saat ini dalam kondisi aman. Kelistrikan Jawa Tengah dan DIY didukung dengan 6 subsistem dengan total pasokan sebesar 6.831 MW dengan beban puncak sebesar  4.430 MW. 

"Pasokan listrik sangat aman, karena masih terdapat cadangan daya 35% atau sebesar 2.401 MW. Warga masyarakat tidak perlu khawatir, jika terjadi gangguan listrik segera lapor ke Contact Center 123 atau aplikasi PLN Mobile, akan segera kami tindaklanjuti bersama tim,” tutup Soffin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA Senin 20 Mei 2024, Harga Tiket Rp20 Ribu

Jogja
| Senin, 20 Mei 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement