Advertisement

Inflasi Yogyakarta 2023 Terkendali, BI DIY Apresiasi Kinerja TPID

Anisatul Umah
Rabu, 03 Januari 2024 - 10:57 WIB
Ujang Hasanudin
Inflasi Yogyakarta 2023 Terkendali, BI DIY Apresiasi Kinerja TPID Ilustrasi inflasi - ekonomi / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA— Bank Indonesia (BI) Perwakilan DIY menyampaikan secara tahunan inflasi DIY terkendali dalam range 3 plus minus 1%. Inflasi DIY pada 2023 secara keseluruhan tahun berada pada level 3,17% (year-on-year/yoy), lebih rendah dari November 2023 3,48% yoy.

Kepala Perwakilan BI DIY, Ibrahim mengatakan capaian inflasi ini menunjukkan bahwa pengendalian inflasi yang dilakukan oleh Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) DIY berjalan dengan baik dan memberikan hasil yang positif.  

Advertisement

"Secara tahunan DIY mencatatkan inflasi yang terkendali, masuk dalam range 3 plus minus 1%," ucapnya dalam keterangan resminya, Rabu (3/01/2024).

Dia menjelaskan melonjaknya wisatawan pada momen Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024 mendorong peningkatan konsumsi. Sehingga pemicu inflasi utamanya masih berasal dari kelompok pangan yakni cabai merah, bawang merah, tomat dan cabai rawit.

Hasil produksi di beberapa daerah sentra penghasil cabai seperti Gunungkidul dan Sleman juga disalurkan ke daerah lain sehingga pasokan yang ada di DIY cenderung terbatas di tengah tingginya permintaan.

"Kondisi serupa juga terjadi pada komoditas bawang merah yang mengalami keterbatasan pasokan akibat belum mulainya musim tanam di sentra Kulonprogo dan Bantul sehingga memicu peningkatan harga," jelasnya.

BACA JUGA: BPS: Inflasi DIY 2023 Capai 3,17%

Menurutnya untuk memenuhi lonjakan permintaan beberapa pasar di DIY mendatangkan stok bawang merah dari luar daerah sehingga harganya relatif tinggi. Di sisi lain faktor global juga turut mendorong kenaikan inflasi melalui peningkatan harga komoditas emas perhiasan.

"Laju inflasi pada Desember 2023 tertahan oleh komoditas daging ayam ras, bahan bakar rumah tangga, daging sapi dan bensin," paparnya.

Penurunan harga daging ayam ras dan daging sapi terjadi karena pasokan yang masih terjaga. Deflasi pada komoditas bahan bakar rumah tangga disebabkan oleh penurunan harga LPG.

Kemudian deflasi pada komoditas bensin juga disebabkan oleh penurunan harga minyak dunia yang direspon pemerintah dengan kebijakan penyesuaian harga BBM non subsidi. Di antaranya Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex sejak November 2023.

"BI DIY bersama dengan TPID DIY mengapresiasi peran aktif seluruh pihak yang telah bersinergi dan berkolaborasi dalam pengendalian inflasi selama 2023," ungkapnya.

Lebih lanjut dia menyampaikan, ke depan untuk mengantisipasi risiko inflasi, BI bersama TPID DIY akan terus memperkuat sinergi melalui berbagai program kerja untuk memastikan ketersediaan pasokan, keterjangkauan harga, kelancaran distribusi dan komunikasi efektif.

"Termasuk di dalamnya melalui penguatan roadmap TPID DIY tahun 2024 serta meneruskan upaya-upaya melalui Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP),"lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Pers Sebagai Kontrol Sosial Kinerja di PDAM Tirta Sembada

Sleman
| Rabu, 08 Mei 2024, 11:57 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement