Advertisement

Pegadaian Catat Volume Transaksi Gadai Digital Rp14,54 Triliun Sepanjang 2023

Newswire
Kamis, 08 Februari 2024 - 22:17 WIB
Mediani Dyah Natalia
Pegadaian Catat Volume Transaksi Gadai Digital Rp14,54 Triliun Sepanjang 2023 Ilustrasi pegadaian. - Bisnis Indonesia

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—PT Pegadaian mencatat volume transaksi gadai digital yang mencapai Rp14,54 triliun sepanjang 2023. Jumlah tersebut menandai pertumbuhan yang signifikan.

Direktur Utama PT Pegadaian Damar Latri Setiawan mengatakan jumlah tersebut menandai pertumbuhan yang signifikan dalam adopsi layanan gadai digital di tengah transformasi digital yang terus berlangsung. "Jumlah pengguna aplikasi Pegadaian digital per 31 Desember 2023 sekarang usernya 6,5 juta (14 persen yoy), dan volume transaksinya sampai Rp14,54 triliun (72 persen yoy),” kata Damar, Kamis (8/2/2024).

Advertisement

Dia menyampaikan dengan meningkatnya kepercayaan masyarakat dalam menggunakan platform digital untuk kebutuhan gadai, Pegadaian telah berhasil memperluas jangkauan layanannya dan meningkatkan efisiensi proses transaksi secara keseluruhan.

Pegadaian, kata Damar lagi, melalui platform digital membawa kemudahan tak terbatas bagi para nasabah. Dengan tabungan digital, kini semua kebutuhan finansial dapat dipenuhi dengan mudah.

Baca Juga

Jelang Lebaran, Transaksi Gadai Diprediksi Naik 10%

Harga Melambung, Gadai Emas Makin Laris

Tahun Ajaran Baru, Transaksi Gadai di Kulonprogo Meningkat

Dia menyebut tabungan digital nasabah dapat membeli emas di hari ini itu juga, hingga menabung untuk masa depan. Semua itu dapat dilakukan secara praktis. Bahkan, nasabah juga memiliki fleksibilitas untuk mencetak emas, melakukan tabungan berencana, atau memilih program tabungan lainnya seperti tabungan emas plus.

“Bahkan dengan adanya Pegadaian digital ini nasabah bisa menebus, minta tambah, mau nyicil, mau ganti tabungan emas lewat PDS. Kemudian mau beli pulsa, membayar listrik, air, BPJS, itu bisa,” ujar Damar lagi.

Aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS), kata Damar, merupakan layanan digital dalam rangka mempermudah para nasabah dan calon nasabah tanpa harus datang ke outlet Pegadaian.

“Berbicara Pegadaian digital, Pegadaian usianya sudah 123 tahun tapi kami punya standar teknologi yang tercanggih, mengikuti jejak digital,” kata Damar pula.

Sebelumnya, PT Pegadaian secara umum mencatatkan kinerja positif dalam kurun waktu satu tahun terakhir dengan mencetak laba bersih sebesar Rp4,38 triliun sepanjang tahun 2023. Pencapaian ini tumbuh 32,7% dibandingkan tahun 2022 sebesar Rp3,30 triliun.

Pegadaian juga juga menyebutkan jumlah nasabah Pegadaian sampai 31 Desember 2023 tercatat sebanyak 24 juta. Sementara dari sisi aset mencapai Rp82,6 triliun pada tahun 2023. “Di 2023, omzet Pegadaian kembali naik menjadi Rp205,2 triliun. Kami tumbuh 14,2% yoy," kata Damar lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru! KRL Jogja-Solo Minggu 28 April 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Jogja
| Minggu, 28 April 2024, 00:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement