Advertisement

Kehabisan Bensin Saat Mudik? Pertamina Tawarkan Solusi Layanan Pesan Antar BBM

Alfi Annisa Karin
Kamis, 04 April 2024 - 14:47 WIB
Arief Junianto
Kehabisan Bensin Saat Mudik? Pertamina Tawarkan Solusi Layanan Pesan Antar BBM Suasana di SPBU Timoho, Umbulharjo, Kota Jogja, Kamis (4/4/2024). - Harian Jogja/Alfi Annissa Karin

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kehabisan bensin saat mudik Lebaran? Jangan panik, apalagi lokasi stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) masih jauh dan entah di mana. PT Pertamina Patra Niaga punya solusinya dengan adanya layanan Pertamina Delivery Service.

Sales Branch Manager Rayon I Yogyakarta, PT Pertamina Patra Niaga Wahyu Purwatmo mengatakan Layanan Pertamina Delivery Service memungkinkan masyarakat untuk mendapatkan bahan bakar tanpa mendatangi SPBU. Nantinya, ada petugas yang secara khusus mengantarkan bahan bakar dengan kendaraan motor menuju lokasi tujuan.

Advertisement

Dia menuturkan layanan ini tersedia di seluruh kota di Indonesia, termasuk Kota Jogja. Konsumen hanya perlu menelepon nomor 135 untuk mendapatkan bahan bakar. Alternatif lain, bisa diakses melalui aplikasi My Pertamina. "Kemudian klik di bagian fitur PDS. Di situ ikuti langkah-langkahnya. Nanti bisa request dikirim produk apa," kata Wahyu saat ditemui di SPBU Timoho, Kamis (4/4/2024).

Wahyu menambahkan, ada sejumlah ketentuan untuk bisa memanfaatkan layanan ini. Misalnya, bahan bakar yang diantarkan merupakan nonsubsidi seperti Pertamax dan Dex Series. Minimal pembelian adalah 10 liter.

Tak hanya bahan bakar, Pertamina Delivery Service juga melayani pengantaran elpiji. Bahkan, pembelian satu tabung Bright Gas pun akan tetap diterima. Jarak yang bisa dilayani adalah di dalam lingkup Kota Jogja. "Pasti ada ongkirnya, tetapi kalau hanya di dalam Kota Jogja saja kira-kira tidak sampai Rp20.000 ongkirnya," ujar dia.

Wahyu mengatakan layanan ini sejatinya tak hanya ada saat masa Lebaran atau kondisi-kondisi darurat saja. Kapan pun masyarakat membutuhkan layanan delivery, maka bisa mengakses Pertamina Delivery Service melalui nomor 135 atau lewat My Pertamina.

BACA JUGA: Pertamina Patra Niaga Awasi Penyaluran BBM dan LPG Jelang Mudik Lebaran 2024

Namun, Wahyu menyebut masih ada sebagian masyarakat yang belum mengetahui keberadaan layanan ini. Ada juga masyarakat yang benar-benar sudah menyiapkan kendaraan untuk mudik semaksimal mungkin. Sehingga, masyarakat yang mengakses Pertamina Delivery Service pada 2023 pun terbilang masih sedikit. "Secara umum memang masih kurang peminatnya. Kadang orang lebih suka beli langsung ke SPBU," katanya.

Stok Aman

Dia memastikan stok bahan bakar mampu mencukupi kebutuhan selama liburan di Kota Jogja. Pihaknya juga menyiagakan satu unit mobile storage di SPBU Timoho dengan kapasitas 24 ton.

Untuk mendukung program subsidi tepat sasaran, Wahyu mengingatkan masyarakat yang merasa mampu untuk beralih dari penggunaan BBM bersubsidi menjadi non-subsidi.

Di sisi lain, untuk mendukung digitalisasi masyarakat juga didorong untuk mendaftarkan kendaraannya di aplikasi My Pertamina. "Mengimbau untuk masyarakat yang menggunakan produk pertalite untuk bisa mendaftar, untuk bisa menggunakan QR Code juga," imbaunya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Bandara YIA dari Stasiun Tugu Jogja, Selasa 30 April 2024

Jogja
| Selasa, 30 April 2024, 02:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement