Advertisement

Ini Daftar Mall di Jogja yang Menyediakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik

Anisatul Umah
Rabu, 26 Juni 2024 - 11:27 WIB
Ujang Hasanudin
Ini Daftar Mall di Jogja yang Menyediakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Fasilitas charging station di Ground Floor Plaza Ambarrukmo, Selasa (19/12/2023). - Harian Jogja/Anisatul Umah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APBI) DIY, Surya Ananta mengatakan saat ini sudah ada tiga mal di DIY yang menyediakan fasilitas Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) atau charging station. Di antaranya Plaza Ambarrukmo, Jogja City Mall (JCM), dan Pakuwon Mall.

Menurutnya, selain tiga mal tersebut, Plaza Malioboro juga sedang bersiap menyediakan fasilitas SPKLU. Ia menyebut untuk Malioboro Mall dan Lippo belum ada dan Galeria Mall belum ada keterangan.

Advertisement

"Benar [satu lagi yang akan pasang SPKLU] yang lain belum," ucapnya, Rabu (26/6/2024).

Terkait kapan rencana penambahan SPKLU akan direalisasikan, Surya mengaku belum tahu, sebab tergantung dari partner yang dipilih. Ada yang memilih PLN dan non PLN. Ia menjelaskan dari tiga mal yang sudah memiliki SPKLU layanan charging baru bisa untuk mobil saja.

BACA JUGA: Mall di DIY Berkomitmen Sediakan Charging Station untuk Kendaraan Listrik

Akan tetapi layanan untuk charging motor akan disediakan di Plaza Ambarrukmo tahun ini. Ia menyebut charging untuk mobil butuh peralatan khusus, beda dengan motor yang penting ada semacam adaptor bisa ngecas.

"Yang jelas tahun ini [charging motor] bulannya belum," kata Surya yang juga menjabat General Manager di Plaza Ambarrukmo.

Lebih lanjut dia mengatakan minat masyarakat mengecas kendaraannya di mal sedang-sedang saja, tidak terlalu ramai dan tidak terlalu kosong. Ia mengatakan ini tergantung dari populasi mobil listrik yang ada di DIY. Sebab untuk mobil dari luar kota biasanya sudah ngecas di hotel, karena hotel juga punya fasilitas SPKLU.

Penyediaan fasilitas SPKLU di sarana publik salah satunya mal menurutnya beriringan dengan himbauan pemerintah. Langkah-langkah awal sudah dilakukan sebelum adanya himbauan. Parkiran di mal yang luas juga bisa mengakomodir penyediaan layanan ini.

"Sebelum dihimbau kami sudah lakukan langkah-langkah awal mencari vendor yang punya jasa pemasangan ini," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal KA Prameks dari Stasiun Tugu Jogja ke Kutoarjo, Minggu 29 September 2024

Jogja
| Minggu, 29 September 2024, 03:17 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement