Advertisement

Event Bisa Dongkrak Kunjungan Wisatawan ke DIY hingga 30 Persen

Anisatul Umah
Senin, 08 Juli 2024 - 21:27 WIB
Maya Herawati
Event Bisa Dongkrak Kunjungan Wisatawan ke DIY hingga 30 Persen Foto ilustrasi. Penampilan Bintang Band dalam Ngayogjazz 2023 yang diadakan Gancahan, Kalurahan Sidomulyo, Kapanewon Godean pada Sabtu (18/11 - 2023).Harian Jogja // Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) DIY menyebut kunjungan wisatawan di momen libur sekolah ini lebih baik jika dibandingkan dengan lebaran kemarin. Lonjakan ini dampak dari banyaknya event yang digelar di DIY.

Ketua GIPI DIY, Bobby Ardianto mengatakan kunjungan wisatawan ini juga mendongkrak dari sisi akomodasi makan minum dan UMKM, lebih baik dari lebaran kemarin. Peningkatannya menurut Bobby sekitar 20-30%. Menurutnya ini menjadi momentum bagi pemangku kepentingan pariwisata DIY untuk mulai pola berwisatanya sehingga lebih berkualitas.

"Selama ini kunjungan terus pulang, impact ekonominya kurang," ucapnya, Senin (8/7/2024). Kini, kata Bobby, dengan banyaknya event dan perubahan teman-teman destinasi dalam membuat paket layanan sudah mengarah ke peningkatan kualitas.

Advertisement

Berbagai perubahan ini dalam rangka mendorong length of stay atau lama tinggal wisatawan. Semakin lama wisatawan tinggal maka belanja juga akan terdorong.

BACA JUGA: Miliaran Password Bocor di Forum Peretasan, Campuran Pelanggaran Lama dan Baru

Lebih lanjut dia mengatakan tugas pelaku wisata adalah mengkoneksikan market dengan yang akan mereka nikmati. Misal saat liburan sekolah maka event yang digelar berkaitan dengan market libur sekolah sehingga dampaknya bisa maksimal.

"Misalnya libur anak sekolah ada event edukasi, dan semua yang relate," jelasnya.

Kemudian di momen libur lainnya event yang digelar harus disesuaikan. Terkonsep antara market yang datang dengan event yang digelar. "Listing kebutuhan dan koneksikan dengan apa yang bisa dilakukan."

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY menyebut event nasional dan internasional yang digelar beberapa hari lalu terbukti bisa mendongkrak okupansi di DIY. Ketua PHRI DIY, Deddy Pranowo mengatakan okupansi pada 5 dan 6 Juli 2024 bahkan rata-ratanya mencapai 95%-100%.

Dia berharap event-event yang lalu konser-konser, pameran seperti Artjog dan lainnya bisa terus digelar. Lalu sport tourism, budaya dan lainnya. "Terbukti bisa mendongkrak okupansi hotel," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Deklarasi Barisan 1912, Akar Rumput Muhammadiyah Siap Menangkan Pasangan Harda Kiswaya - Danang Maharsa

Jogja
| Minggu, 06 Oktober 2024, 20:32 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Jogja lewat Diorama

Wisata
| Rabu, 02 Oktober 2024, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement