Advertisement

PGN Dukung Pemanfaatan Gas Bumi Industri Secara Berkelanjutan

Anisatul Umah
Jum'at, 12 Juli 2024 - 17:27 WIB
Mediani Dyah Natalia
PGN Dukung Pemanfaatan Gas Bumi Industri Secara Berkelanjutan PT PGN Tbk mendukung kebijakan pemerintah terkait dengan pemenuhan kebutuhan energi gas bumi . Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—PT PGN Tbk mendukung kebijakan pemerintah terkait dengan pemenuhan kebutuhan energi gas bumi sebagai salah satu komponen operasional sektor industri sehingga daya saing dan dan keberlanjutan industri terjaga.

Direktur Komersial PGN, Ratih Esti Prihatini mengatakan sebagai Subholding Gas Pertamina, PGN berupaya agar terjadi simbiosis mutualisme dalam kerja sama antara kedua belah pihak. Saling mendukung agar penyaluran dan penyerapan gas bumi tetap terjaga, sehingga kebutuhan gas pelaku industri terpenuhi.

Advertisement

"Harapannya PGN dan industri dapat tumbuh bersama untuk mendukung perekonomian," ucapnya dalam keterangan resminya, Jumat (12/7/2024).

Baca Juga: Menilik Manfaat Subsidi Gas Industri guna Wujudkan Indonesia Emas 2045

Menurutnya PGN berkomitmen mendukung kebijakan pemerintah termasuk melaksanakan penyaluran gas bumi kepada industri tertentu atau HGBT. PGN telah menyalurkan seluruh volume HGBT yang diterima dari pemasok kepada seluruh industri penerima HGBT sesuai alokasi yang telah ditetapkan pemerintah.

Lebih lanjut dia menjelaskan sebagai perusahaan terbuka PGN berkomitmen menjalankan operasi secara transparan dan sesuai GCG. Bisa di cek oleh rekan-rekan industri dalam laporan keterbukaan.

Baca Juga: Menteri ESDM Sebut Gas Bumi Akan Menjembatani Proses Transisi ke Energi Bersih

Ke depan, kata Ratih, diharapkan ada stimulasi untuk menjaga kelangsungan bisnis midstream dan downstream hilir gas bumi. Serta kemampuan badan usaha sebagai kepanjangan tangan pemerintah dalam mengembangkan infrastruktur gas bumi. Infrastruktur masih sangat dibutuhkan berbagai daerah baik bagi pelaku usaha industri, UMKM serta rumah tangga yang belum mendapatkan manfaat gas bumi.

"PGN berharap dapat terus menjadi pemain sentral dalam optimalisasi pemanfaatan gas bumi."

Baca Juga: OPINI: Urgensi Kementerian Energi dan Lingkungan Hidup

Ketua Forum Industri Pengguna Gas Bumi (FIPGB), Yustinus Gunawan mengatakan transparansi data menjadi salah satu concern asosiasi asosiasi industri pemakai gas bumi. Sebab tanpa PGN dan gas bumi kondisi operasional rekan-rekan industri akan terganggu.

Oleh karena itu pihaknya akan mendukung upaya-upaya yang dilakukan PGN untuk dapat melayani kebutuhan gas industri secara maksimal, namun tentunya juga dengan harga gas yang kompetitif.

"Untuk mendukung daya saing industri," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Top Ten News Harianjogja.com Jumat 18 Oktober 2024: Progres Pembangunan Tol Jogja Solo hingga Fenomena Doom Spending

Jogja
| Jum'at, 18 Oktober 2024, 07:17 WIB

Advertisement

alt

Komunitas Vespa di Jogja Memulai Perjalanan ke Sabang Demi Mendapatkan Biji Kopi Lokal Setiap Daerah

Wisata
| Rabu, 16 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement