Advertisement

Angkat Produk Lokal, Alfamart Pasarkan 8 Produk UMKM Kota Jogja

Media Digital
Kamis, 12 September 2024 - 19:37 WIB
Arief Junianto
Angkat Produk Lokal, Alfamart Pasarkan 8 Produk UMKM Kota Jogja Kepala Dinas Perdagangan Kota Jogja, Veronica Ambar Ismuwardani (empat dari kiri), Pj Wali Kota Jogja, Sugeng Purwanto (tengah), dan Branch Manager Alfamart, Sudarman (dua dari kiri) dalam acara Launching Produk UMKM Kota Jogja, di Alfamart Jalan Ki Ageng Pemanahan No.122, Sorosutan, Umbulharjo, Kamis (12/9/2024). - Anisatul Umah

Advertisement

JOGJA—PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk selaku pengelola jaringan minimarket Alfamart memberikan kesempatan kepada 8 UMKM dari Kota Jogja untuk memasarkan produknya di 45 gerai Alfamart di Kota Jogja. Ini merupakan bentuk komitmen dari Alfamart dalam mendukung produk-produk lokal.

Branch Manager Alfamart, Sudarman mengatakan Alfamart terbuka kepada produk lokal yang ingin dipasarkan di jaringannya. Menurutnya kini pemasaran juga bisa online melalui Alfamart digital bisnis Alfamind sehingga bisa membuka pasar lebih luas.

Advertisement

Dia menjelaskan produk UMKM yang ditawarkan harus punya standar kualitas yang baik dan pasokannya mampu memenuhi kuantitas. Sudarman menyebut menciptakan peluang ekonomi terpadu bagi UMKM merupakan bagian dari komitmen dan visi Alfamart yakni menjadi jaringan distribusi ritel terkemuka.

"Tentunya produk-produk itu bisa bersaing dengan produk-produk pabrikan dan umum. Semoga nanti bisa lebih baik lagi hasilnya," ucapnya dalam acara Launching Produk UMKM Kota Jogja, di Alfamart Jalan Ki Ageng Pemanahan No.122, Sorosutan, Umbulharjo, Kota Jogja, Kamis (12/9/2024).

Menurutnya, produk-produk UMKM ini diletakkan di rak paling depan dekat dengan kasir, di mana traffic penjualannya paling tinggi. Sehingga saat konsumen sedang bertransaksi bisa melihat-lihat produk UMKM Kota Jogja ini.

Delapan produk UMKM yang dipasarkan di antaranya Arva Mozzarella Cheese Crispy Tempe, D'ast Kripik Kulit Ikan Kakap, Thress Manggleng Original, Tau Iki Ora Keripik Rumput Laut, Icipono Stick Keju, Only One Keripik Pisang Sale, Arista Snack Emping, dan Yoga Djaya Wedang Secang.

Pj Wali Kota Jogja, Sugeng Purwanto menyampaikan pemasaran produk UMKM ini sangat penting, dan dalam pemasaran tentunya UMKM ada keterbatasan. Melalui kerjasama dengan Alfamart diharapkan produk UMKM Kota Jogja lebih banyak dikenal, syukur bisa lebih bisa berkembang ke pasaran yang lebih tinggi.

Sugeng berpesan kepada UMKM yang produknya sudah tertampung untuk selalu mengkondisikan kualitas, kuantitas, dan kontinuitas. Hal ini biasanya jadi kelemahan dari UMKM.

"Kalau sudah dikerjasamakan harus konsekuen, harus konsisten. Harapan kami bisa bermanfaat buat UMKM dan Alfamart, jadi simbiosis mutualisme," harapnya.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Jogja, Veronica Ambar Ismuwardani menjelaskan di awal kemitraan dengan Alfamart disampaikan terkait standardisasinya. Kemudian disampaikan kepada forum-forum UMKM yang ada di wilayah.

Akhirnya terjaring 39 peserta yang mampu memenuhi berbagai syarat yang ditentukan. Kemudian dinas bekerjasama dengan Alfamart untuk melakukan kurasi. Produk yang ikut kurasi tentunya memenuhi syarat seperti Nomor Induk Berusaha (NIB), sertifikat izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT), hingga kehalalan.

"Dari 39 itu akhirnya ada 8 yang penuhi syarat masuk ke ritelnya Alfamart. Kemitraan ini nanti masuk ke 45 gerai Alfamart yang ada di Kota Jogja," jelasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan tentunya ke depan akan terus dilakukan evaluasi dan komunikasi dengan Alfamart. Guna melihat traffic penjualan, peminat, dan mungkin varian-varian baru. Jika traffic sudah tinggi maka perlu dipertahankan dan jangan mudah berpuas diri.

Dia berharap agar setiap tahun ada kurasi sehingga semakin banyak UMKM yang bisa masuk ke Alfamart. "Semoga kegiatan hari ini memicu teman-teman UKM untuk mempersiapkan diri di tahun-tahun yang akan datang," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Top Ten News Harianjogja.com Rabu 18 September 2024: Penyerahan Sertifikat SG PAG hingga Logistik Pemilu

Jogja
| Rabu, 18 September 2024, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Mie Kangkung Belacan Jadi Primadona Wisata Kuliner Medan

Wisata
| Selasa, 17 September 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement