Advertisement

GIPI DIY Apresiasi Penambahan Tiga Rute Baru Domestik dari YIA, Permudah Akses Wisatawan dari Sumatera

Anisatul Umah
Selasa, 17 September 2024 - 13:27 WIB
Ujang Hasanudin
GIPI DIY Apresiasi Penambahan Tiga Rute Baru Domestik dari YIA, Permudah Akses Wisatawan dari Sumatera Suasana di YIA, Jumat (27/10 - 2023). Anisatul Umah/Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) DIY mengapresiasi penambahan tiga rute baru domestik dari Yogyakarta International Airport (YIA) ke Padang, Jambi, dan Pangkal Pinang. Ketua GIPI DIY, Bobby Ardianto mengatakan pembukaan tiga rute baru ini akan mempermudah akses dari Sumatera ke DIY.

Sehingga diharapkan bisa mendorong kunjungan wisatawan domestik dari Sumatera ke DIY. Ia  berharap semakin banyaknya frekuensi penerbangan yang dibuka bisa menurunkan harga tiket pesawat yang masih terbilang tinggi. Melalui pembukaan rute baru suplai dan demand akan lebih stabil, sehingga bisa menjaga kestabilan harga tiket.

Advertisement

"GIPI sangat appreciate sekali dengan tambahan tiga rute baru Sumatera, semakin mempermudah akses," ucapnya, Senin (16/9/2024).

Bobby menjelaskan saat ini tidak sedikit wisatawan yang menggunakan armada pribadi untuk berkunjung. Melalui penerbangan langsung ini menurutnya bisa memangkas biaya.

BACA JUGA: Tambah Tiga Rute, Kini Bandara YIA Memiliki 17 Rute Penerbangan Domestik

Ia mengatakan ada beberapa perbedaan karakteristik wisatawan asal Sumatera. Sehingga perlu ada penyesuaian misalnya untuk kebutuhan makan, terkait dengan rasa dan lainnya.

"Adanya direct flight ke YIA akan memperbanyak wisatawan ke Jogja dari Sumatera," paparnya.

Sebelumnya, General Manager Bandara Internasional Yogyakarta, Ruly Artha mengatakan penerbangan langsung rute Padang, Jambi, dan Pangkal Pinang menggunakan maskapai Super Air Jet.

Rute Yogyakarta-Padang PP, Yogyakarta-Jambi PP, dan Yogyakarta-Pangkal Pinang PP dipersiapkan dengan menggunakan pesawat jenis Airbus A320-200 (180 kursi kelas ekonomi).

"Kami optimistis bahwa minat perjalanan masyarakat dapat meningkat dengan adanya tiga rute baru penerbangan langsung melalui YIA," kata Ruly. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kabar Baik, Cek Kesehatan Calon Petugas KPPS di Bantul Gratis

Bantul
| Kamis, 19 September 2024, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Mie Kangkung Belacan Jadi Primadona Wisata Kuliner Medan

Wisata
| Selasa, 17 September 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement