Advertisement

BPD DIY Syariah Berperan Aktif Kembangkan Ekosistem Syariah di DIY

Media Digital
Rabu, 02 Oktober 2024 - 21:37 WIB
Maya Herawati
BPD DIY Syariah Berperan Aktif Kembangkan Ekosistem Syariah di DIY Literasi keuangan kepada mahasiswa baru di Kampus Universitas Aisyiyah Yogyakarta memecahkan rekor Muri sedekah secara digital oleh 2.000 mahasiswa secara bersamaan.

Advertisement

JOGJA—Bank BPD DIY Syariah sebagai lembaga keuangan yang beroperasi berdasarkan prinsip syariah mempunyai peran penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan pembangunan daerah.

Peranan yang dijalankan Bank BPD DIY Syariah antara lain meningkatkan literasi dan inklusi keuangan, khususnya perbankan syariah, penguatan peran perbankan syariah dalam ekosistem ekonomi syariah dan meningkatkan peran perbankan syariah di sektor usaha mikro kecil dan menengah.

Advertisement

Bank BP DIY Syariah bekerja sama dengan berbagai pihak seperti rumah sakit, universitas, lembaga jasa keuangan syariah dan industri halal di DIY sebagai upaya meningkatkan ekosistem keuangan syaraiah dan mendorong perumbuhan ekonomi daerah. - ist


Selain peningkatan literasi dan inklusi keuangan syariah, Bank BPD DIY Syariah juga melakukan pengembangan produk pembiayaan syariah serta penguatan kemitraan kepada seluruh pemangku kepentingan ekosistem syariah agar dapat menciptakan manfaat yang signifikan bagi masyarakat dan perekonomian daerah.

Literasi keuangan syariah kepada generasi muda dengan tujuan meningkatkan dan menguatkan keuangan syariah di masa mendatang dijalankan oleh Bank BPD DIY Syariah dengan menggandeng lembaga pendidikan pada setiap jenjang, antara lain SD, SMA/sederajat, Madrasah Mu'allimin dan Mu'allimat Muhammadiyah, pondok pesantren dan universitas, seperti UGM, UMY, UAD, UNISA, UII dan lainnya.

Sosialisasi produk dan jasa Bank BPD DIY Syariah kepada calon pengusaha kuliner di acara program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Platinum kerja sama Direktorat Kursus dan Pelatihan Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud RI dengan LKP Budi Mulia Dua Culinary School 2024. - ist



Tak hanya itu, penguatan peran Bank BPD DIY Syariah dalam ekosistem ekonomi syariah juga dilakukan dengan perluasan akses layanan perbankan syariah melalui sinergi dan kerja sama dengan lembaga jasa keuangan, seperti BPRS, KSPS/BMT.

Bank BPD DIY Syariah menjalin kerja sama dengan lembaga pendidikan berbasis keagamaan, salah satunya Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta sebagai upaya meningkatkan inklusi dan literasi keuangan syariah. - ist

Ada pula sinergi dan kerja sama dengan berbagai mitra strategis, seperti rumah sakit (RS PKU Muhammadiyah, RS AMC, RS UII, RS JIH, RS dr. YAP), lembaga sosial (Baznas, LazisMU, LazisNU) dan pemerintah.

Di sisi lain, peningkatan akses penyaluran pembiayaan KUR dan komersial terhadap UMKM yang memberikan kontribusi nyata dalam perekonomian daerah juga terus ditingkatkan oleh Bank BPD DIY Syariah.

Bank BP DIY Syariah bekerja sama dengan berbagai pihak seperti rumah sakit, universitas, lembaga jasa keuangan syariah dan industri halal di DIY sebagai upaya meningkatkan ekosistem keuangan syaraiah dan mendorong perumbuhan ekonomi daerah.

Dengan upaya-upaya tersebut diharapkan keberadaan Bank BPD DIY Syariah dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, turut serta dalam pengembangan ekosistem syariah dan pada akhirnya berkontribusi nyata dalam perekonomian dan pembangunan daerah. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal KA Prameks Jogja Kutoarjo, Kamis 3 Oktober 2024

Jogja
| Kamis, 03 Oktober 2024, 03:17 WIB

Advertisement

alt

Ketinggian Puncak Gunung Everest Bertambah, Ini Penjelasannya

Wisata
| Selasa, 01 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement