Advertisement

WJNC Effect, Reservasi Hotel Ring Satu Naik 20%

Anisatul Umah
Senin, 07 Oktober 2024 - 20:17 WIB
Arief Junianto
WJNC Effect, Reservasi Hotel Ring Satu Naik 20% Gelaran WJNC di Tugu Jogja. - Harian Jogja/Alfi Annisa Karin

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY menyebut reservasi hotel di wilayah Tugu dan sekitar Malioboro rata-rata mencapai 60% untuk periode 6-8 Oktober 2024. Ketua PHRI DIY, Deddy Pranowo mengatakan peningkatan ini masih terpusat, belum menyebar ke area lainnya.

Dia mengatakan di area selain ring satu reservasinya rata-rata masih di angka 40-45%. Menurutnya reservasi masih terpusat kemungkinan karena belum sesuai harapan, salah satunya akibat faktor deflasi. "Naik 20% belum melebar ke area lain Barat, Timur di Kota Jogja. Masih stuck di 40-45 persen," ucapnya, Senin (7/10/2024).

Advertisement

Lebih lanjut dia mengatakan reservasi ini merata di semua jenis hotel. Bahkan ada beberapa yang reservasinya mencapai 70-80%, namun jika dirata-rata reservasi 60%. "Saya enggak mau sampaikan itu karena tidak semua hotel mencapai itu, kumulatif saja."

Deddy mengatakan mayoritas tamu datang ke hotel dengan reservasi terlebih dahulu.  

Sebagai Kota Wisata, Kota Jogja tak hanya menawarkan berbagai destinasi pariwisata saja. Kota Jogja juga rutin menghadirkan berbagai gelaran event yang bahkan kondang hingga tingkat nasional. Salah satunya adalah gelaran Wayang Jogja Night Carnival (WJNC).

WJNC merupakan kegiatan puncak acara perayaan Hari Ulang Tahun Kota Jogja. Kegiatan ini rutin dilaksanakan pada 7 Oktober setiap tahunnya.

Tahun ini merupakan penyelenggaraan WJNC ke-9 dan mengangkat tema Gatotkaca Wirajaya. Ini adalah cerita kumpulan tentang perjuangan Gatotkaca sebagai seorang pemimpin, pahlawan, pemberani dan penegak kebenaran.

Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Jogja, Muhammad Zandaru, menjelaskan konsep yang diusung pada WJNC #9 adalah karnaval jalanan dengan menampilkan seni koreografi, busana, musik kontemporer dan permainan lighting.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Hutang Pajak Tambang Kulonprogo Baru Terbayar Rp605,8 Juta dari Total Rp7 Miliar

Kulonprogo
| Senin, 07 Oktober 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Staycation di Hotel Masih Ngetren, Simak Tipsnya

Wisata
| Kamis, 03 Oktober 2024, 21:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement