Advertisement

Berencana Beli Hunian? Simak Tips Ini

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 03 Mei 2018 - 18:30 WIB
Mediani Dyah Natalia
Berencana Beli Hunian? Simak Tips Ini Ilustrasi properti di Jakarta - Reuters - Darren Whiteside

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Banyak orang yang hanya mengandalkan masalah harga dalam pertimbangan pemilihan membeli hunian. Padahal sebenarnya masih banyak hal lain yang harus diperhatikan sebelum membeli hunian.

Calon pembeli dan investor properti sebaiknya melakukan riset terlebih dahulu sebelum memutuskan. Upaya ini diperlukan guna memahami faktor utama dalam pembelian dan memastikan harga perolehan properti sesuai dengan harga pasaran. Diperlukan kesabaran ekstra. Meskipun Anda telah menghabiskan waktu berjam-jam melihat daftar properti , pada akhirnya Anda tetap membutuhkan panduan. 

Advertisement

Berikut ini adalah lima tips menentukan investasi properti yang benar dari Archica Danisworo Key Architect of The Stature apartemen yang terletak di lingkungan Menteng yang prestisius yang berada di bawah Capital Land. 

1. Lokasi

Faktor utama yang mempengaruhi permintaan dan nilai properti adalah lokasi. Lokasi properti harus dapat memberikan kemudahan akses, kenyamanan, dan keamanan.

2. Reputasi Pengembang

Pengembang ternama akan menjaga reputasi dan kepercayaan konsumen dengan menyerahkan properti tepat waktu, dan sesuai dengan kualitas yang di janjikan.

 3. Rangkaian Fasilitas

Properti yang baik harus dapat menyediakan berbagai fasilitas yang dapat mendukung gaya hidup dan kesejahteraan para penghuninya. Faktor lain yang yang perlu Anda dan keluarga pertimbangkan adalah kehadiran privasi, ketenangan dan keamanan. Beberapa fasilitas termasuk dual private lift, ruang hijau yang luas, area komersial yang terintegrasi, tempat bermain anak dan fasilitas olahraga lainnya, menjadikan pengalaman hidup lebih bermakna.

 4. Tentukan waktu terbaik untuk berinvestasi

Berinvestasi properti adalah mengenai peningkatan nilai aset. Di Indonesia, nilai properti cenderung terus meningkat seiring dengan berjalannya waktu. Inilah alasan mengapa membeli properti di waktu yang tepat sangat penting. Melakukan analisis dan prediksi demand dan supply pasar akan membantu Anda mendapatkan properti yang terbaik untuk diinvestasikan.

 5. Mengamati Secara Jangka Panjang dan Kelola Resiko

Real estat adalah investasi yang memerlukan modal besar, memberikan peluang untuk mendapatkan pendapatan berulang (recurring income) serta peningkatan nilai aset (capital gains). Namun, real estat bergerak dalam siklus. Carilah peluang untuk membeli pada saat siklus turun untuk memaksimalkan keuntungan Anda.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Libur Panjang Paskah, Daop 6 Jogja Operasikan 5 KA Jarak Jauh Tambahan

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement