Advertisement

Okupansi Hotel Bintang Ditargetkan Capai 80%

Holy Kartika Nurwigati
Senin, 17 Desember 2018 - 06:33 WIB
Mediani Dyah Natalia
Okupansi Hotel Bintang Ditargetkan Capai 80% Ilustrasi hotel - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Tingkat penghunian kamar (TPK) hotel pada Desember ini ditargetkan dapat meningkat, terutama untuk hotel berbintang. Pasalnya, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) DIY, tingkat keterisian kamar hotel bintang mengalami penurunan pada Oktober lalu.

"Untuk Desember nanti, kami berharap tingkat okupansi akan naik. Karena sekarang sudah memasuki high season, puncaknya nanti pada Natal dan Tahun Baru 2019," ujar Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran indonesia (PHRI) DIY Istidjab M Danunagoro kepada Harian Jogja, Minggu (16/12).

Advertisement

Istidjab mengatakan ditargetkan tingkat hunian hotel pada bulan lalu hanya mencapai 55,5% untuk hotel bintang dan nonbintang hanya 25,35%. Memasuki liburan panjang akhir tahun, diharapkan tingkat hunian hotel dapat meningkat, untuk hotel bintang ditargetkan mencapai 80%.

"Liburan akhir tahun ini sudah seperti ritual tahunan. Banyak wisatawan yang berkunjung untuk dapat menikmati momen pergantian tahun maupun Natal di Jogja. Jadi kami optimistis, okupansi akan meningkat bulan ini," kata Istidjab.

Sementara itu, berdasarkan data yang dirilis BPS DIY, selama Oktober tingkat hunian kamar hotel bintang mengalami penurunan menjadi 57,60% dan nonbintang 24,30%. Kepala BPS DIY JB Priyono menuturkan penurunan TPK tertinggi terjadi di hotel bintang satu sebesar 4,49%.

Tingkat penghunian kamar tertinggi yakni dicapai hotel bintang lima sebesar 68,73%. Sedangkan untuk TPK hotel nonbintang dan usaha akomodasi lainnya rata-rata tercapai 24,30%. Kendati menunjukkan penurunan, TPK tertinggi dicapai hotel nonbintang pada kelompok kamar kurang dari 10 kamar.

"Kelompok kamar kurang dari sepuluh kamar paling tinggi okupansinya mencapai 29,86 persen. Jika dibandingkan kondisi setahun lalu, TPK hotel nonbintang dan usaha akomodasi lain, menunjukkan penurunan sebesar 10,67 poin," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Pemadaman Jaringan Listrik di Kota Jogja Hari Ini, Cek Lokasi Terdampak di Sini

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 06:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement