Advertisement

Libur Lebaran & Cuti Bersama Bikin Pendapatan PLN Anjlok Rp10 Triliun

Denis Riantiza Meilanova
Rabu, 06 Juni 2018 - 10:25 WIB
Nugroho Nurcahyo
Libur Lebaran & Cuti Bersama Bikin Pendapatan PLN Anjlok Rp10 Triliun Teknisi Pengerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) mengerjakan perawatan jaringan listrik di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (2/4/2018). - JIBI/Paulus Tandi Bone

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - PT PLN (Persero) berpotensi kehilangan pendapatan hingga Rp10 triliun selama periode libur lebaran dan cuti bersama.

Direktur Perencanaan Korporat PLN Syofvi Felienty Roekman mengatakan selama periode tersebut konsumsi listrik mengalami penurunan yang cukup besar. Hal ini disebabkan banyaknya industri yang tidak beroperasi.

Advertisement

"Penjualan PLN pasti turun. Bisa turun rata-rata satu hari mungkin Rp800-Rp900 miliar. Kalau 2 minggu [libur] hampir Rp10 triliun kami bisa ke hit," ujar Syofvi di Jakarta, Selasa (5/6/2018).

Oleh karena itu, penambahan cuti bersama oleh pemerintah cukup membuat PLN kelimpungan. Mengatasi hal ini, perseroan pun melakukan strategi, salah satunya dengan menawarkan diskon kepada industri yang bersedia beroperasi selama libur Lebaran.

Sementara itu, perseroan saat ini juga tengah menghadapi kondisi yang cukup berat dengan adanya kenaikan harga minyak Indonesia (Indonesian crude price/ICP) dan pelemahan rupiah, sedangkan tarif listrik ditetapkan tidak naik.

Syofvi mengakui kondisi tersebut menyebabkan biaya produksi PLN meningkat, namun peningkatan biaya tersebut masih berada di bawah kendali perseroan.

"Kalau terus berlanjut nanti bagian yang harus dimintakan ke negara terpaksa kami mintakan. Sekarang kan 35% [subsidi] negara, 65% nggak. Nah, yang 65% ini kami lihat [ajukan ke pemerintah atau tidak]. Kalau sekarang belum masih bisa bertahan," katanya.

Kendati kondisi tahun ini cukup berat, perseroan masih optimistis target laba tahun ini sekitar Rp15-Rp17 triliun masih dapat tercapai.

"Kami harus lakukan yang terbaik," ujar Syofvi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jalan Rusak di Sleman Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Pasang Spanduk Obyek Wisata Jeglongan Sewu

Sleman
| Sabtu, 20 April 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement