Advertisement

AP I & Perbankan Mudahkan Pembayaran Parkir, Begini Caranya

Holy Kartika Nurwigati
Rabu, 02 Januari 2019 - 07:30 WIB
Mediani Dyah Natalia
AP I & Perbankan Mudahkan Pembayaran Parkir, Begini Caranya General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adisutjipto Agus Pandu Purnama (tengah) bersama pemimpin dan perwakilan Bank BUMN serta Bank Indonesia menunjukkan kartu e-money menandai diresmikannya penerapan pembayaran parkir secara non tunai di Gate Timur Parkir Utara Bandara Internasional Adisutjipto, Senin (31/12). - Harian Jogja/Holy Kartika N.S

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Mewujudkan smart airport, PT Angkasa Pura I secara resmi memberlakukan pembayaran nontunai untuk parkir kendaraan bermotor di Bandara Internasional Adisutjipto Jogja.

"Bandara Adisutjipto ini memang bandara yang kecil, tetapi kami berharap ke depan bandara ini dapat menjadi smart airport. Selain memaksimalkan penerapan teknologi informasi pada seluruh pelayanan, hari ini [31/12] kami mencoba memulainya dengan dioperasikannya cashless parkir di Parkir Utara," ujar General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adisutjipto Agus Pandu Purnama seusai peresmian penggunaan e-money untuk pembayaran parkir kendaraan di Gate Timur Parkir Utara, Senin (31/12).

Dalam acara yang turut dimeriahkan dengan Kirab Kereta Kencana dan Bregada Rakyat di Taman Budaya Borobudur Bandara Internasional Adisutjipto, Pandu mengungkapkan tiga perbankan yang digandeng dalam upaya mewujudkan penerapanan cashless society di lingkungan bandara, yakni Bank BRI, Bank BNI dan Bank Mandiri.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Pandu menambahkan penerapan cashless payment tidak hanya akan diberlakukan untuk transaksi pembayaran parkir. Ke depan sistem ini juga akan diterapkan pada setiap transaksi yang ada di lingkungan bandara, baik transaksi belanja di tenant atau merchant hingga transaksi bisnis yang ada di lingkup PT Angkasa Pura I.

"Sementara memang baru berlaku untuk parkir mobil, tetapi pertengahan 2019 nanti sistem cashless ini akan diberlakukan pada seluruh ritel, termasuk nanti di bandara baru. Karena sistem ini sudah terbukti tidak hanya efektif dan efisien, tetapi juga transparasi pelaporan keuangannya terjamin," jelas Pandu.

Kepala Kanwil Bank BRI Jogja Surakarta Hendro Padmono menambahkan penerapan e-money di lingkungan bandara menjadi salah satu upaya untuk mengurangi penggunaan uang fisik yang beredar. Selain itu, ada dua manfaat yang diperoleh dengan pemanfaatan cashless society ini.

"Akurasi dan keamanan, sisi akurasinya, rupiah sampai nol koma pun bisa berlaku di alat pembayaran tersebut. Sedangkan keamanannya, para pemegang kartu tidak perlu membawa uang cash yang banyak," ungkap Hendro.

Sejauh ini, kata Hendro, penerapan e-money BRI, yakni Brizzi sudah cukup baik. Sedikitnya setiap penyelenggaraan acara, ribuan kartu Brizzi didistribusikan kepada masyarakat. Sejumlah tenant, baik ritel, hotel, hingga restoran di Jogja juga sudah cukup banyakan memanfaatkan sistem pembayaran ini.

"Pertumbuhan untuk e-money Brizzi ini, setiap tahun minimal selalu tumbuh 20 persen-25 persen, bahkan bisa lebih. Karena setiap event, kami selalu mengeluarkan ribuan kartu untuk masyarakat," papar Hendro.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Advertisement

alt

Peringatan BMKG: Waspada! Ada Siklon Tropis Noru di Pantai Selatan DIY

Jogja
| Jum'at, 30 September 2022, 06:27 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement