Bisnis Korporasi PT Pos Naik 80%

Bisnis Korporasi PT Pos Naik 80%Pengguna jasa logistik PT Pos berinteraksi dengan petugas di Kantor Pos Besar Jogja (0 KM), Jumat (4/5). - Harian Jogja/Rheisnayu Cyntara
11 Januari 2019 07:30 WIB Rheisnayu Cyntara Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—2018 Menjadi tahun yang cukup menggembirakan bagi PT Pos cabang Jogja. Pasalnya hampir semua lini bisnisnya mengalami peningkatan capaian, termasuk lini bisnis korporasi yang capaiannya melonjak hingga 80% dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya (year on year).

Kepala Kantor Pos Jogja Fediyan Syahputra mengakui capaian PT Pos Jogja meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Hampir di semua lini bisnis ada peningkatan meskipun satu dengan lainnya tak sama. Di lini jasa keuangan misalnya naik sekitar 15%, lini surat menyurat naik 10%, begitu juga dengan beberapa lini bisnis PT Pos lainnya sehingga jika dikalkulasi, secara rata-rata ada kenaikan capaian hingga 15% di sepanjang 2018. "Namun yang paling signifikan tumbuhnya ada di lini corporate yang mencapai 80 persen dibandingkan tahun sebelumnya," ujarnya kepada Harian Jogja, Kamis (10/1).

Lini bisnis ini menurut Fediyan mencakup surat menyurat dan juga pengiriman barang dari toko-toko online yang skalanya cukup besar. Fediyan meyebut capaian ini cukup membanggakan. Sebab baik kantor-kantor swasta dan juga para pelaku bisnis online yang sudah cukup berkembang bisnisnya mulai mempercayai layanan PT Pos. Apalagi dengan beberapa peningkatan layanan yang dilakukan PT Pos sepanjang 2018. Mulai dari perbaikan kinerja pengiriman, peningkatan layanan oleh para pegawai PT Pos, hingga penanganan komplain yang terus diperbaiki. "Ini ada yang klien baru dan juga lama. Klien baru terus bertambah sedangkan klien lama distribusi pengiriman surat maupun barangnya lewat kami juga meningkat," katanya.

Hal yang membanggakan lainnya menurut Fediyan karena klien korporasi dari para pebisnis online rata-rata bukan mereka yang tergabung dalam marketplace besar. Namun mereka yang berjualan di media sosial seperti Facebook dan Instagram. Artinya gaung pelayanan pengiriman barang PT Pos tidak hanya ditangkap oleh korporasi besar tetapi mereka yang berada di level menengah atau bahkan usaha kecil.

Karena itu, pihaknya bertekad pada 2019 ini akan meningkatkan layanan PT Pos terutama untuk para pebisnis tersebut dengan beberapa langkah. Di antaranya memperbanyak agen pos agar dapat memperluas jangkauan bagi para pelanggan yang ada di pelosok wilayah Jogja, peningkatan kualitas layanan yang terkait dengan sumber daya manusia PT Pos, perpanjangan waktu buka agen-agen pos ataupun penjemputan oleh O Ranger di daerah, hingga menempatkan agen pos di pusat-pusat perbelanjaan untuk memudahkan pelanggan yang ingin langsung mengirimkan belanjaannya.

"Untuk perpanjangan waktu buka misalnya selama ini hanya sampai sore, sekitar jam 16.00 WIB akan kami perpanjang sampai jam 20.00-22.00 WIB karena kami melihat ada permintaan yang tinggi di jam jam tersebut. Kami juga akan memaksimalkan peran O Ranger," ujarnya.

Sementara itu untuk target 2019, Fediyan menyebut targetnya pertumbuhan sekitar 30% dari capaian 2018 di kisaran Rp117 miliar-Rp120 miliar, atau naik menjadi Rp155 miliar di tahun ini.