Advertisement

Penerapan Bagasi Bertarif Citilink Diundur Awal Februari

Newswire
Kamis, 24 Januari 2019 - 01:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Penerapan Bagasi Bertarif Citilink Diundur Awal Februari Ilustrasi Pramugari Citilink - IG:@pramugari_indonesia

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Maskapai Citilink yang sedianya memberlakukan tarif bagasi mulai akhir Januari, mundur menjadi awal Februari 2019. Maskapai di bawah perusahaan Garuda Indonesia ini mengaku sudah mendapat persetujuan dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan RI.

"Karena secara Undang-Undang kita diperbolehkan. Cuma kemarin yang dimintakan persetujuan prosedurnya, sama langkah-langkahnya. Makanya kita konsolidasi terus dengan kementerian, termasuk campaign-nya," kata Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo seusai simulasi keselamatan di Garuda Indonesia Training Center, Jakarta, Rabu (23/1/2019).

Advertisement

Juliandra mengatakan awalnya, penetapan tarif bagasi dilakukan akhir Januari ini, tetapi mundur menjadi Februari. "Kita lagi mau 'campaign' dulu, jadi kemungkinan geser sedikit dari akhir Januari, sekitar minggu-minggu awal Februari," katanya.

Untuk itu, Juliandra mengatakan Citilink akan mensosialisasikan dengan baik agar tersampaikan kepada masyarakat dan ia meyakini tidak ada penolakan.

"Sepanjang sosialisasinya dilakukan dengan tepat, saya yakin enggak [ada penolakan] ya. Karena memang dibolehkan LCC [Low Cost Carier] untuk menghapus 'free baggage'," katanya.

Ia juga mengatakan bahwa penumpang masih bisa mendapatkan bagasi gratis 10 kg bagi mereka yang termasuk anggota dan membeli "green seat".

Ketentuan mengenai bagasi diatur dalam Pasal 22 Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 185/2015 tentang Standar Pelayanan Penumpang Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri. Dalam aturan tersebut dinyatakan setiap maskapai dalam menentukan standar pelayanan memperhatikan kelompok pelayanan yang diterapkan masing-masing maskapai, termasuk kebijakan bagasi tercatat.

Penerbangan berbiaya murah lainnya yang sudah menerapkan bagasi berbayar, yakni Lion Air dan Wings Air pada 22 Januari lalu, sementara maskapai AirAsia Indonesia masih memberlakukan tarif cuma-cuma untuk bagasi seberat 15 kg dalam penerbangan domestik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Lulusan Pertanahan Disebut AHY Harus Tahu Perkembangan Teknologi

Sleman
| Kamis, 25 April 2024, 20:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement