Sambut NYIA, Garuda Kaji Rute Visible

Sambut NYIA, Garuda Kaji Rute VisiblePesawat Garuda Indonesia - Ist/Garuda Indonesia
28 Januari 2019 22:30 WIB Kusnul Isti Qomah Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Menyambut kehadiran bandara Newa Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulonprogo, maskapai penerbangan Garuda Indonesia juga mulai membuat ancang-ancang.

General Manager Garuda Indonesia Branch Office Yogyakarta Flora Izza mengungkapkan persiapan yang dilakukan berhubungan dengan target Garuda untuk berkiprah di bandara baru tersebut.

"Saat ini kami sedang mengkaji mana rute yang visible secara binis dan bisa mengembangkan trafik destinasi Jogja," kata dia, Rabu (23/1).

Menurut dia, lantaran penerbangan di Bandara Kulonprogo akan diawali untuk penerbangan internasional, maka saat ini dilakukan kajian untuk rute mana yang akan dikonsentrasikan Garuda Indonesia Group untuk tujuan domestik. "Ada Citilink, Sriwijaya, dan Garuda. Kami akan mapping [petakan] dulu mana yang akan kami fokuskan, tetapi, sekarang ini memamg belum ada."

Remajakan Alat

Persiapan juga dilakukan oleh PT Gapura Angkasa. General Manager PT Gapura Angkasa Branch Office Adisutjipto Airport Tigir Sarumpaet mengungkapkan jika bandara NYIA sudah beroperasi maka diperlukan alat-alat yang modern dan baru apalagi jika nantinya akan ada pesawat berbadan lebar. "April nanti katanya penerbangan internasional dulu. Sekarang Garuda belum ada penanganan penerbangan internasional," kata dia.

Meski demikia, Tigor mengaku sumber daya manusia Gapura Angkasa sudah siap dan terlatih untuk menyambut bandara baru. "Mereka sudah dilatih untuk membaca visa dan dokumen perjalanan internasional dengan mendatangkan instruktur dari bandara Soekarno-Hatta," ungkap dia.

Selain itu, sumber daya alat juga akan disiapkan. Misalnya ketika di Adisutjipto memakai conveyor belt maka di NYIA akan menggunakan high lift loader. Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan dengan kondisi pesawat yang berbadan lebar. "Kami juga akan menyediakan ambulift untuk membantu penumpang difabel, orang sakit, dan stretcher case passenger [penumpang yang ditandu]."

Selain mulai mempersiapkan untuk bandara baru, kualitas layanan di bandara internasional Adisutjipto tetap diperhatikan dan terus ditingkatkan. Saat ini Gapura Angkasa sedang menggalakkan program baggage waiting for you untuk penumpang platinum dan business class. Untuk penumpang umum, Gapura Angkasa berkolaborasi dengan PT Angkasa Pura I menyediakan program trolley waiting for you.

"Program ini baru kami mulai Desember 2018 saat puncak liburan Natal dan tahun baru dan ternyata memang efektif menekan keluhan penumpang," kata dia.

Menurutnya, dengan bekerja lebih cerdas dan simpel diharapkan bisa menekan tingkat keterlambatan yang tidak diperlukan. Selain itu, selalu dikampanyekan web check in agar penumpang bisa langsung masuk ruang tunggu.

Pihaknya juga selalu mendorong PT Angkasa Pura I untuk memperbanyak kios self check in untuk mempercepat proses di bandara. "Program Gapura Angkasa ingin angkat citra bandara agar tidak dipandang sebagai tempat yang crowded."