Advertisement

Grand Inna Malioboro Perkenalkan Sejarah Lewat Menu

Rheisnayu Cyntara
Selasa, 29 Januari 2019 - 08:30 WIB
Mediani Dyah Natalia
Grand Inna Malioboro Perkenalkan Sejarah Lewat Menu Putra bungsu Jenderal Soedirman, Teguh Soedirman (kiri) dan General Manager Hotel Grand Inna Malioboro, Ni Komang Darmiati (kanan) saat memperkenalkan Soedirman Corner & Soedirman Signature Afternoon Tea di Hotel Grand Inna Malioboro, Jogja, Senin (28/1)./Harian Jogja - Rheisnayu Cyntara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebagai salah satu hotel bersejarah di Jogja, Grand Inna Malioboro konsisten menampilkan layanan yang mengedepankan nilai-nilai historis. Salah satunya yang kini kembali ditampilkan adalah kuliner melalui Soedirman Corner & Soedirman Signature Afternoon Tea.

Sesuai namanya, kuliner eksklusif itu menghadirkan beragam menu makanan favorit Panglima Besar Jenderal Sudirman. Beberapa di antaranya adalah pecel (kecombrang, kacang panjang, bayam, taoge, dan daun melinjo); sup (kacang polong, wortel, kubis); sayur bening (bayam, labu siam cacah, daun salam) lodeh kluwih plus rese udang, taoge pendek goreng chrispy, selat Solo, oseng-oseng sayur, tempe mendoan, nasi merah dan nasi putih. Sedangkan dalam Soedirman Signature Afternoon Tea, beberapa kuliner yang disajikan adalah kue cucur, apam, pudding chocolate saus vla plus rum, dan teh seruni (teh tubruk). "Ide Soedirman Corner & Soedirman Signature Afternoon Tea termasuk menunya adalah hasil dari bincang-bincang kami dengan putra bungsu Panglima Soedirman yang sudah membagikan secret recipe untuk Grand Inna Malioboro," kata General Manager Hotel Grand Inna Malioboro, Ni Komang Darmiati pada Senin (28/1).

Advertisement

Ni Komang menjelaskan promo Soedirman Corner & Soedirman Signature Afternoon Tea digelar bertepatan dengan hari lahir Panglima Besar Jenderal Soedirman. Sekadar diketahui, Jenderal Soedirman lahir pada 28 Januari 1916. "Konsisten kami pada jejak rekam sejarah beliau [Jenderal Soedirman] terus kami jaga. Salah satunya juga dengan menjadikan bekas kantor dan tempat tinggal Jenderal Soedirman pada 1946 sebagai tipe kamar Grand Inna Malioboro termahal dengan nama Soedirman Suite [Presidential Suite] sejak 1985," ucapnya.

Putra bungsu Jenderal Soedirman, Teguh Soedirman menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Grand Inna Malioboro yang sudah memberikan kesan mendalam untuk hal ini. Hal tersebut disampaikan saat Teguh memenuhi undangan bincang-bincang mengenai rencana pembuatan Soedirman Corner di Grand Inna Malioboro. "Menunya memang biasa tetapi perjuangannya yang luar biasa," katanya.

Teguh juga berharap melalui signature menu dalam Soedirman Corner & Soedirman Signature Afternoon Tea, semua kalangan bisa ikut mencicipi sajian favorit dari seorang tokoh besar Indonesia. Dengan begitu, masyarakat, terutama kalangan milenial bisa terus mengenang jasa-jasa pahlawan yang kerap disapa Pak Dirman itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kabupaten Sleman Prioritaskan Pembangunan Pertanian

Sleman
| Kamis, 25 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement