Advertisement

2 Tahun Rumah Kreatif BUMN Gunungkidul Bersamai UMKM

Sunartono
Selasa, 29 Januari 2019 - 11:17 WIB
Sunartono
2 Tahun Rumah Kreatif BUMN Gunungkidul Bersamai UMKM Kegiatan Rumah Kreatif BUMN (RKB) Gunungkidul. - Ist/PLN.

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL - Rumah Kreatif BUMN (RKB) Gunungkidul yang dikelola oleh PLN bersama Joedo Center sudah mengalami perkembangan cukup pesat sejak diresmikan pada Januari 2017 lalu. Saat ini terdaftarnya lebih dari 1.000 UMKM dengan jenis usaha yang sudah melewati tahap Go Modern, Digital dan Online. 

"PLN memperoleh amanah, untuk membangun Rumah Kreatif di Kabupaten Gunungkidul,dari sejumlah 15 Rumah Kreatif di seluruh Indonesia termasuk Gunungkidul dan Jepara di bawah PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jateng DIY. Keberadaan RKB Gunungkidul dimaksudkan untuk membantu para pelaku UMKM dalam mengembangkan usaha," terang Hardian Sakti Laksana mewakili Senior Manager General Affair PLN (UID) Jateng DIY dalam rilis kepada Harian Jogja, Selasa (29/1/2019).

Advertisement

Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan Pemkkab Gunungkidul Khaerudin dalam sambutannya mengatakan UMKM mendapatkan porsi tersendiri karena sejalan dengan program andalan pemkab Gunungkidul di sektor pariwisata, berbasis pembangunan, kesejahteraan dan daya saing antar daerah. Sehingga pemerintah kabupaten mendukung segala program yang dapat bersama-sama mewujudkan program ini termasuk UMKM.

Rumah kreatif Gunungkidul sendiri setiap bulannya mengadakan berbagai pelatihan mulai dari manajemen usaha, financial, branding, online marketing dan pelatihan lainnya. Selain itu membuka peluang usaha melalui berbagai platform. Tidak hanya pengusaha umum, tetapi juga ada pelatihan yang diadakan untuk meningkatkan daya rangsang para pelajar tingkat SMA/SMK.

"Prinsipnya kami mendukung program ini," ujarnya.

Dalam perkembangan dunia UMKM khususnya di Jawa tengah dan DIY, PLN siap mendukung ketersediaan pasokan listrik dalam proses usaha. Dengan jumlah pelanggan lebih dari 11 juta, dan daya tersambung mencapai 14,7 MVA dengan beban puncak 3,9 GW kapasitas terpasang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Komplotan Spesialis Pengganjal ATM di Gerai Ritel Modern Ditangkap Polresta Jogja

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement