Advertisement

12 Regu PLN DJTY Meriahkan Bhakti PDKB-TM

Holy Kartika Nurwigati
Kamis, 22 November 2018 - 07:30 WIB
Mediani Dyah Natalia
12 Regu PLN DJTY Meriahkan Bhakti PDKB-TM Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun menyematkam helm kepada salah satu anggota tim PDKB PLN menandai Bhakti PDKB TM 2018, didampingi Manager PLN Area Yogyakarta Eric Rossi Priyo Nugroho di halaman The Alana Hotel and Convention Centre, Rabu (21/11). - Harian Jogja/Holy Kartika N.S

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—PT PLN Distribusi Jawa Tengah dan DIY (DJTY) melakukan pemeliharaan listrik serentak di 40 titik yang dilakukan 12 regu tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan Tegangan Menengah (PDKB-TM) di wilayah Penyulang Kentungan IV, Sleman. Kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan ke-73 Hari Listrik Nasional dan HUT ke-25 PDKB, Rabu (21/11).

Pelaksanaan Apel Bhakti PDKB-TM dilakukan di halaman The Alana Hotel and Conventions Centre dengan bertindak sebagai inspektur upacara Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun. Pelaksanaan Bhakti PDKB-TM diharapkan dapat menciptakan personel yang kompak dengan kompetensi dan tata kelola PDKB TM yang baik, sehingga terwujud zero accident.

"Pelayanan PDKB TM tidak hanya akan menjamin ketersediaan pasokan tenaga listrik pada masyarakat, tetapi juga memberi citra baik pada kualitas pelayanan yang diberikan oleh PLN," ujar Muslimatun.

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Kegiatan ini mengusung tema Dengan Bhakti PDKB 2018 Kita Tingkatkan dan Wujudkan Prestasi Nyata Terangi Indonesia, yang sejalan dengan komitmen PLN dalam upaya meningkatkan kualitas serta jaringan listrik bagi masyarakat. Muslimatun menambahkan wilayah Sleman memiliki sentra-sentra industri, perkantoran hingga kawasan bisnis akomodasi.

"Jika ada pemadaman listrik, tentunya akan cukup merugikan masyarakat. Layanan terhenti, hingga produksi juga tersendat. Tentunya dengan adanya tim PDKB ini yang bekerja melakukan perawatan dalam kondisi pekerjaan bertegangan, akan sangat membantu," jelas Muslimatun.

Pemadaman listrik akibat kegiatan pemeliharaan jaringan kelistrikan yang dilakukan oleh PLN seringkali mendapat keluhan masyarakat. Namun, dengan adanya tim PDKB yang merupakan tim khusus dalam menangangi permasalahan dan pemeliharaan kelistrikan dalam keadaan berketegangan menjadi solusi dari keluhan tersebut.

Muslimatun menambahkan dampak dari pemadaman listrik juga memberikan kerugian, terutama bagi sektor bisnis dan industri. Selain membuat kegiatan produksi dan pelayanan terhenti, juga memberikan dampak kerugian materiil yang tidak sedikit.

Manager PT PLN (Persero) Area Yogyakarta Eric Rossi Priyo Nugroho mengungkapkan apel bhakti ini selalu digelar setiap bulan dan selalu berpindah lokasi. Kali ini dilakukan di wilayah Sleman, mengingat kabupaten ini merupakan salah satu wilayah DIY yang cukup padat aktivitas ekonominya dan penyumbang pendapatan bagi provinsi ini.

"Dalam apel bhakti ini, kami juga mengerahkan 12 regu PDKB untuk melakukan pemeliharaan dan perawatan di 40 titik di wilayah Sleman, tepatnya di wilayah Kentungan IV," papar Eric.

Advertisement

Ditargetkan pengerjaan pemeliharaan jaringan kelistrikan di 40 titik di wilayah Penyulang Kentungan IV dapat menyelamatkan energi listrik sebesar 175.000 kWh. Estimasi nilai kerugian yang dapat diselamatkan yakni sekitar Rp195,4 juta. Sedangkan jumlah pelanggan yang tidak akan merasakan pemadaman listrik karena kegiatan Bhakti PDKB ini sekitar 16.563 pelanggan.

"Khusus di hari Bhakti ini 12 regu yang kami kerahkan, biasanya setiap hari hanya satu regu. Lokasinya juga kami akan memilih yang lebih prioritas," jelas Eric.

Advertisement

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Advertisement

alt

Imperial Digital Printing, Jasa Percetakan Terlengkap di Jogja

Jogja
| Selasa, 27 September 2022, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Suka Liburan, Yuk Patuhi 5 Etika Saat Berwisata

Wisata
| Senin, 26 September 2022, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement