CIMB Niaga Optimistis Tumbuh di Tengah Tahun Politik

CIMB Niaga Optimistis Tumbuh di Tengah Tahun PolitikIlustrasi uang. - Bisnis/Rachman
18 Februari 2019 06:31 WIB Kusnul Isti Qomah Ekbis Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Meski tahun politik sering dikaitkan dengan melemahnya perekonomian, tetapi CIMB Niaga tetap optimistis ada pertumbuhan yang positif khususnya untuk pasar retail.

Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Lani Darmawan mengatakan pemilihan umum (pemilu) ataupun tahun politik, tidak akan menghambat laju pertumbuhan bisnis. "Kami positif aja. Pasti ada growth (pertumbuhan) dari sisi bisnis baik dari dana pihak ketiga (DPK) maupun pinjaman," kata dia di Sleman, pekan lalu.

Ia mengatakan ada berbagai produk consumer banking yang ditawarkan CIMB Niaga. Produk itu misalnya kredit pemilikan rumah, kredit pemilikan mobil, multifinance kartu kredit, kredit tanpa agunan. Semua produk itu ditargetkan bisa tumbuh di atas 10% pada 2019 ini.

"Untuk KPR tetap kami targetkan di sekitar 15 persen, termasuk sale di KPM (kredit pemilikan mobil) kami targetkan lebih dari 25 persen," ujar dia.

Menurutnya, tahun ini untuk sumber DPK CIMB Niaga akan tetap fokus pada sumber dana murah. Tujuannya agar CIMB Niaga bisa memberikan solusi ke masyarakat yang membutuhkan bantuan pendanaan dengan harga murah. Salah satu cara yang ditempuh adalah menggandeng universitas, dunia kesehatan seperti rumah sakit dan lingkungannya.

Kemudian, selain menjalin kerja sama dengan perusahaan besar, CIMB Niaga juga ingin lebih fokus untuk menggandeng usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). "UMKM tetap kami kejar sesuai target pemerintah. Tiap tahun terus meningkat, meskipun belum 100 persen mencapai target yang 20 persen itu. Namun, kami terus mendekati," ujar dia.

Kerja sama dengan kampus yang sudah dilakukan misalnya dengan Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Kerja sama ini menjadi pintu penetrasi ke pasar mahasiswa. Ke depan diharapkan semakin banyak mahasiswa yang akan melakukan transaksi perbankan menggunakan CIMB Niaga.

"Kami akan survei kebutuhan mahasiswa sehingga bisa memberi solusi untuk mereka. Diharapkan semua bisa menjadi nasabah kami. Orang tua mahasiswa juga akan kami dekati," kata dia.