Pegadaian Kentungan Resmikan Gedung Anyar

Pegadaian Kentungan Resmikan Gedung AnyarBupati Sleman Sri Purnomo memotong rangkaian bunga dalam peresmian kantor baru Pegadaian Kentungan di Jl Kaliurang Km 7,3, Sleman, Selasa (26/2)./ Harian Jogja - Kusnul Isti Qomah
27 Februari 2019 10:30 WIB Kusnul Isti Qomah Ekbis Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Pegadaian Kentungan memiliki kantor baru yang lebih luas, nyaman, dan aman untuk menyimpan barang-barang nasabah. Kantor ini terletak di Jalan Kaliurang Km 7,3, Sleman dan diresmikan Selasa (26/2) oleh Bupati Sleman Sri Purnomo.

Senior Vice President Pegadaian Kanwil XI Semarang, Jawa Tengah, Mulyono mengungkapkan Pegadaian Kentungan menunjukkan pertumbuhan bisnis yang memuaskan selama tiga tahun terakhir. Pegadaian Kentungan tercatat tumbuh lebih dari 15% setiap tahun dalam tiga tahun terakhir.

"Melihat potensi itu, perlu mencari tempat baru yang lebih representatif dan tentunya untuk keamanan barang-barang dari nasabah sehingga kepercayaan nasabah kepada kami semakin meningkat," ujar dia dalam peresmian gedung baru Pegadaian Kentungan di Jalan Kaliurang Km 7,3, Sleman, Selasa (26/2).

Ia menyebutkan Pegadaian memiliki 40.000 nasabah di Sleman dengan 19 varian produk yang ditawarkan kepada nasabah. Produk itu misalnya pembiayaan gadai, leasing, amanah, haji, investasi dalam bentuk emas.

Ia menilai kepercayaan masyarakat terhadap pegadaian terus meningkat. Hal itu ditunjukkan dari semakin banyaknya nasabah dan besarnya tabungan emas yang dikelola. "Ada sekitar dua juta nasabah di kantor pusat dengan kelolaan emas dua ton lebih. Ini artinya kepercayaan masyarakat semakin tinggi. Menabung emas bisa dilakukan dengan mudah," ujar dia.

Ia berharap dengan hadirnya kantor baru ini, bisnis Pegadaian Kentungan kian moncer. Target outstanding loan sebesar Rp70 miliar dan laba Rp8 miliar pada 2019 bisa tercapai. "Kami tidak ingin mengejar target bisnis saja. Kami juga ingin semakin dekat dengan masyarakat sekitar. Semoga keberadaan Pegadaian semakin bermanfaat bagi masyarakat," kata dia.

 

Investasi Emas

Bupati Sleman Sri Purnomo menyambut baik peresmian gedung baru ini. Menurutnya, Pegadaian memiliki ikatan erat dengan masyarakat. Dahulu, citra Pegadaian memang erat menggadaikan barang. Namun, saat ini banyak produk yang ditawarkan oleh Pegadaian sehingga pilihan masyarakat semakin banyak.

Hadirnya produk baru di Pegadaian seperti menabung emas bisa menjadi solusi bagi masyarakat yang ingin berinvestasi. Menabung emas di Pegadaian dinilai lebih aman dibandingkan masyarakat terjebak dalam iming-iming investasi bodong.

"Dengan hadirnya gedung baru ini, tentunya diharapkan pelayanan kepada masyarakat semakin baik," ujar dia.

Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) DIY Untung Nugroho menjelaskan pertumbuhan bisnis pergadaian di DIY selalu meningkat. Hal ini juga menjadi peluang bagi Pegadaian Kentungan untuk terus bertumbuh. "Mudah-mudahan dengan adanya gedung baru ini layanan kepada masyarakat semakin baik sehingga akses fasilitas pembiayaan bisa terjangkau oleh masyarakat," ujar dia.

Dalam peresmian itu, juga dilakukan penyerahan hadiah kepada pemenang kompetisi modern dance yang digelar Pegadaian Kentungan untuk menyambut hadirnya gedung baru. Juara pertama diraih SMAN 1 Ngaglik, pemenang dua SMAN 2 Jogja dan pemenang tiga SMAN 1 Godean.