Advertisement

Hadapi Persaingan, Viva Unggulkan Kualitas

Kusnul Isti Qomah
Senin, 04 Maret 2019 - 09:30 WIB
Mediani Dyah Natalia
Hadapi Persaingan, Viva Unggulkan Kualitas Yusuf Wihanto, Direktur Distribusi Viva Cosmetic ketika ditemui di Plaza Ambarrukmo, Sleman, pekan lalu./ Harian Jogja - Kusnul Isti Qomah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dunia kosmetik semakin berkembang. Saat ini semakin banyak produk baik dalam negeri maupun luar negeri yang bersaing di pasar. Sebagai pemain lama, Viva Cosmetic mengunggulkan mutu dan kualitas yang selalu terjaga sehingga masih bisa tetap bersaing

Yusuf Wihanto, Direktur Distribusi Viva Cosmetic mengungkapkan tahun ini Viva Cosmetic berusia 57 tahun. Menurutnya, hal itu membuktikanViva merupakan kosmetik tertua di Indonesia dan menjadi pelopor di dunia kosmetik dalam negeri. Sebagai pelopor, Viva dituntut untuk tetap bisa mempertahankan mutu dan menyajikan produk yang mengikuti perkembangan kebutuhan konsumen. Hal itulah yang menjadikan Viva tetap bisa mendominasi untuk market share.

Advertisement

"Kami ada beberapa golongan produk misalnya skin care, dekoratif dan body care. Untuk skin care, market share kami lebih dari 55 persen se-Indonesia," ujar dia ketika ditemui di Plaza Ambarrukmo, Sleman pekan lalu.

Yusuf mengungkapkan selain skin care, beberapa produk dekoratif Viva juga bisa mendominasi pasar hingga lebih dari 80%. Produk tersebut misalnya pensil alis.

Ia mengakui dunia kosmetik saat ini sangat kompetitif. Oleh karena itu pihaknya terus menjaga mutu dan kualitas. "Kalau kualitas dan mutu kami sampai menurun, otomatis pelanggan akan lari. Tetapi, kalau bisa menjaganya pasti akan setia. Meskipun mereka coba-coba produk lain, tetapi kalau sudah cocok pasti akan kembali ke kami.

Yusuf mengungkapkan konsumen terbesar Viva ada di Pulau Jawa. DIY juga merupakan salah satu pasar potensial Viva lantaran banyaknya pelajar dan mahasiswa yang merupakan young fresh blood untuk produk kosmetik. "Potensi itulah yang harus kami tangkap dan dipupuk," jelas dia.

Viva tak hanya merambah pasar domestik, tetapi juga luar negeri. Produk Viva juga diekspor ke beberapa negara Asia seperti Hongkong, Taiwan, Singapura, dan Malaysia. Selain itu, Viva tak hanya memanfaatkan jalur komersial untuk mengenalkan produknya. Viva juga mengikuti peragaan busana sebagai pendukung di sisi make up para model.

"Kami juga pernah terlibat dalam fashion show di Paris," kata dia.

Dalam waktu dekat, Viva akan kembali terlibat dalam fashion show yakni dalam Jogja Fashion Festival 2019 di Plaza Ambarrukmo, 8-10 Maret 2019. "Tahun ini kami berusia 57 tahun, kosmetik tertua di Indonesia. Lewat acara ini kami mendukung kegiatan fesyen di Tanah Air supaya desainer Indonesia tidak kalah dengan desainer asing," ujar dia.

Asisten Manager Plaza Ambarrukmo Rina Febria menyebutkan pelaksanaan Jogja Fashion Festival 2019 ini kehadiran Viva Cosmetic sebagai official make up sangat diapresiasi dan diharapkan mampu mendukung keberlangsungan event. "Kehadiran Viva Cosmetic ini tentu memberi warna sendiri dan akan membuat event semakin berkesan. Viva akan mendukung kebutuhan make up untuk selama tiga hari berturut-turut," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Prevalensi Stunting di Bantul Masih Tinggi, Dinkes Bantul Siapkan Kebijakan Ini

Bantul
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement