UKDW Dampingi Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa Gelar RAT Kedua

UKDW Dampingi Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa Gelar RAT KeduaRapat Anggota Tahunan Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa. - Ist/ Dok UKDW
09 Maret 2019 23:43 WIB Nina Atmasari Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA-- Pusat Studi Pembangunan dan Transformasi Masyarakat (PSPTM), Fakultas Bisnis UKDW bermitra dengan Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa menyelenggarakan Rapat Anggota Tahunan kedua koperasi tersebut.

Farsijana Adeney-Risakotta, dosen Fakultas Bisnis UKDE serta salah satu pendiri PSPTM UKDW menjelaskan dalam Rapat Anggota Tahunan kedua ini PSPTM, Fakultas Bisnis UKDW melalui program “Samigaluh Tanggap Globalisasi. Tanggung Jawab Umat Beragama” telah melakukan program-program pemberdayaan kepada anggota Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa.

Ia mencontohkan di antara program-program tersebut yakni penguatan manajemen organisasi dari KWT Manunggal Karya di dusun Kleben, desa Kebonharjo; program pengembangan desain kemasan kepada kelompok teh Tegal Subur di dusun Nglinggo, desa Pagerharjo; program penguatan kapasitas masyarakat budaya pendukung industri kopi di dusun Madigondo desa Sidoharjo.

Program lain yakni penguatan produk dan HAKI untuk kelompok pengrajin jam tangan kayu di dusun Madigondo, desa Sidoharjo; penguatan pengolahan pakan, kotoran kambing dan produk turunan susu di kelompok Gotro, dusun Gowok, desa Kebonharjo, dan penguatan desain serta produksi dari kelompok serat kelapa di dusun Gebang, desa Kebonharjo.

“Bahkan baru-baru ini, PSPTM UKDW memfasilitasi tokoh-tokoh dari desa, pejabat pemerintah desa dan representasi kelompok melakukan studi banding di pasar Papringan di dusun Kandangan, desa Ngadimulyo, kabupaten Temangggung,” kata Farsijana, Sabtu (9/3/2019).

Dengan adanya RAT, Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa akan menerima pembekalan dari Dinas Koperasi DI.Yogyakarta dengan topik pembahasan Pembinaan Koperasi Menyambut Perubahan Sistem Ekonomi di DIY.

Adapun pembekalan yang diberikan langsung dari Fakultas Bisnis, UKDW, yang diwakili oleh Singgih Santoso yang menyampaikan topik “Prospek Pengembangan Variasi Produk dan Perluasan Pasar”. Kedua kegiatan pembekalan dimoderatori oleh Farsijana Adeney-Risakotta, selaku Investigator Program Samigaluh Tanggap Globalisasi,

Sesudah program pembekalan, RAT digelar. Kegiatan RAT terdiri dari pelaporan kegiatan pengurus periode 2017 sd 2019 akan dilakukan oleh Anna Istiani dan kemudian dilakukan pemilihan pengurus baru Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa. Kegiatan persidangan RAT akan dipimpin langsung oleh salah satu anggota senior dari Koperasi yaitu Karwaji, seorang peternak dan pelaku seni dari desa Kaliagung, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulonprogo.

Pada RAT ini diputuskan pengurus baru Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa, dengan Ketua Beny Susanto, Sekretaris Anna Istanti dan Endang Ratnaningsih, dan Bendahara Krisdiyanto dan Yohana Sri Wulanningsih.

Pembagian sisa hasil usaha akan disampaikan kepada anggota sekaligus mereka wajib membayar pajak dari keuntungan hasil usaha tersebut. “Jadi apa yang akan dicapai dari kegiatan RAT yaitu mendorong anggota Koperasi untuk bekerjasama membangun keadilan ekonomi dan perdamaian, dapat terlihat langsung dalam kegiatan ini,” tambah Farsijana.

Pada kesempatan RAT ini, anggota koperasi perempuan juga merayakan hari Perempuan Internasional, 8 Maret 2019 dengan berfoto bersama dan menjunjung spanduk yang bertemakan “Dengan Berkoperasi Perempuan Mengorganisir Diri bersama dengan Warga Masyarakat lain membangun lapangan kerja yang adil dan damai”.