BCA Latih Pengurus Desa Wisata Pentingsari

BCA Latih Pengurus Desa Wisata PentingsariSekitar 30 pengurus Desa Wisata Pentingsari mengikuti Pelatihan Kepemimpinan dan Komunikasi yang digelar BCA di Hotel Eastparc, Sleman, Sabtu (23/02). / Ist - BCA
12 Maret 2019 11:37 WIB Kusnul Isti Qomah Ekbis Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Perkembangan zaman yang semakin pesat saat ini menuntut kualitas sumber daya manusia (SDM) di Indonesia harus mengalami peningkatan agar dapat bersaing dengan kompetitor di tingkat global. Untuk mengakomodasi hal ini, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menggelar Pelatihan Kepemimpinan dan Komunikasi bagi pengurus Desa Wisata Pentingsari sekitar 30 orang melalui program Solusi Bisnis Unggul di Hotel Eastparc, Sleman, Sabtu (23/2).

Kepala Kantor Cabang Utama (KCU) BCA Yogyakarta Anggardini mengatakan seorang pemimpin dari skala kecil hingga besar dan di mana pun ditempatkan harus memiliki konsep kepemimpinan yang baik. Selain itu, keterampilan komunikasi yang efektif sangat penting untuk kesuksesan dalam banyak aspek kehidupan. "Dua aspek penting ingin kami kembangkan untuk pengurus Desa Binaan BCA, salah satunya bagi pengurus Desa Pentingsari,” kata dia dalam rilis yang diterima Harian Jogja, Sabtu (9/3).

Ia menjelaskan pelatihan diinisiasi dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan komunikasi yang efektif bagi pengurus Desa Wisata Pentingsari sehingga mereka mampu memimpin tim dengan solid sekaligus membekali para pemimpin agar dapat melayani masyarakat dan kelompok wisata dengan kultur kemasyarakatan.

“Kami melihat perkembangan Desa Pentingsari dari waktu awal kami bina hingga saat ini sangat signifikan sehingga hal ini memotivasi BCA untuk terus memberdayakan sumber daya manusia (SDM) yang ada hingga mampu bertumbuh menjadi SDM yang berkualitas sehingga membawa Desa Pentingsari menjadi motivator bagi desa-desa binaan BCA lainnya. Selain meningkatkan SDM yang berkualitas, pelatihan ini juga bertujuan  membangun kepercayaan para penduduk desa sehingga mempunyai jiwa kepemimpinan yang proaktif dan terarah,” ujar Anggardini.

Bagi warga Desa Wisata Pentingsari, pelatihan ini diselenggarakan dalam rangka regenerasi kepengurusan sekaligus sebagai bentuk partisipasi BCA dalam fungsi tanggung jawab sosialnya turut serta mengembangkan bisnis di lingkungan komunitas dan desa wisata yang dapat berkontribusi memakmurkan masyarakat daerah. Pelatihan kepemimpinan ini diadakan atas dasar pentingnya mengembangkan salah satu faktor yang mendukung keberhasilan pengembangan industri pariwisata yaitu kualitas SDM.

Sebelumnya, BCA telah aktif mengadakan beberapa kegiatan pelatihan untuk membekali para pengurus desa seperti pelatihan kepemimpinan bagi pengurus Desa Wisata Binaan BCA di Sentul, Bogor; pelatihan layanan prima kepada para pengurus Desa Wisata Wirawisata Gua Pindul, Desa Wisata Pentingsari, Desa Wukirsari, Desa Wisata Tamansari, Desa Wisata Pucak Tinggan-Bali, Bukit Peramun, Gunong Lumut, Aik Rusa Berehun, Belitung dan Doesoen Kopi Sirap–Gunung Kelir, Kampung Adat Sijunjung, Desa Silokek Sumatera Barat. Selain pelatihan layanan prima, BCA juga mengadakan pelatihan marketing online; pelatihan leadership; pelatihan team building, benchmarking dan pembinaan standardisasi layanan homestay di Pentingsari, Tamansari, wirawisata sekaligus pelatihan creative selling skill bagi seluruh desa wisata binaan BCA. 

“Kemampuan komunikasi dan kepemimpinan merupakan dua hal yang penting untuk dikembangkan saat ini. Mengingat kedua hal tersebut merupakan dasar dari bersosialisasi maupun dalam menjalankan dunia usaha. BCA berharap bahwa para pengurus Desa Pentingsari dapat bertumbuh dengan skill komunikasi dan kemampuan leadership yang baik dan nantinya mampu menginspirasi masyarakat di desa binaan lainnya,” kata dia.