Advertisement

BCA Latih Pengurus Desa Wisata Pentingsari

Kusnul Isti Qomah
Selasa, 12 Maret 2019 - 11:37 WIB
Mediani Dyah Natalia
BCA Latih Pengurus Desa Wisata Pentingsari Sekitar 30 pengurus Desa Wisata Pentingsari mengikuti Pelatihan Kepemimpinan dan Komunikasi yang digelar BCA di Hotel Eastparc, Sleman, Sabtu (23/02). / Ist - BCA

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Perkembangan zaman yang semakin pesat saat ini menuntut kualitas sumber daya manusia (SDM) di Indonesia harus mengalami peningkatan agar dapat bersaing dengan kompetitor di tingkat global. Untuk mengakomodasi hal ini, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menggelar Pelatihan Kepemimpinan dan Komunikasi bagi pengurus Desa Wisata Pentingsari sekitar 30 orang melalui program Solusi Bisnis Unggul di Hotel Eastparc, Sleman, Sabtu (23/2).

Kepala Kantor Cabang Utama (KCU) BCA Yogyakarta Anggardini mengatakan seorang pemimpin dari skala kecil hingga besar dan di mana pun ditempatkan harus memiliki konsep kepemimpinan yang baik. Selain itu, keterampilan komunikasi yang efektif sangat penting untuk kesuksesan dalam banyak aspek kehidupan. "Dua aspek penting ingin kami kembangkan untuk pengurus Desa Binaan BCA, salah satunya bagi pengurus Desa Pentingsari,” kata dia dalam rilis yang diterima Harian Jogja, Sabtu (9/3).

Advertisement

Ia menjelaskan pelatihan diinisiasi dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan komunikasi yang efektif bagi pengurus Desa Wisata Pentingsari sehingga mereka mampu memimpin tim dengan solid sekaligus membekali para pemimpin agar dapat melayani masyarakat dan kelompok wisata dengan kultur kemasyarakatan.

“Kami melihat perkembangan Desa Pentingsari dari waktu awal kami bina hingga saat ini sangat signifikan sehingga hal ini memotivasi BCA untuk terus memberdayakan sumber daya manusia (SDM) yang ada hingga mampu bertumbuh menjadi SDM yang berkualitas sehingga membawa Desa Pentingsari menjadi motivator bagi desa-desa binaan BCA lainnya. Selain meningkatkan SDM yang berkualitas, pelatihan ini juga bertujuan  membangun kepercayaan para penduduk desa sehingga mempunyai jiwa kepemimpinan yang proaktif dan terarah,” ujar Anggardini.

Bagi warga Desa Wisata Pentingsari, pelatihan ini diselenggarakan dalam rangka regenerasi kepengurusan sekaligus sebagai bentuk partisipasi BCA dalam fungsi tanggung jawab sosialnya turut serta mengembangkan bisnis di lingkungan komunitas dan desa wisata yang dapat berkontribusi memakmurkan masyarakat daerah. Pelatihan kepemimpinan ini diadakan atas dasar pentingnya mengembangkan salah satu faktor yang mendukung keberhasilan pengembangan industri pariwisata yaitu kualitas SDM.

Sebelumnya, BCA telah aktif mengadakan beberapa kegiatan pelatihan untuk membekali para pengurus desa seperti pelatihan kepemimpinan bagi pengurus Desa Wisata Binaan BCA di Sentul, Bogor; pelatihan layanan prima kepada para pengurus Desa Wisata Wirawisata Gua Pindul, Desa Wisata Pentingsari, Desa Wukirsari, Desa Wisata Tamansari, Desa Wisata Pucak Tinggan-Bali, Bukit Peramun, Gunong Lumut, Aik Rusa Berehun, Belitung dan Doesoen Kopi Sirap–Gunung Kelir, Kampung Adat Sijunjung, Desa Silokek Sumatera Barat. Selain pelatihan layanan prima, BCA juga mengadakan pelatihan marketing online; pelatihan leadership; pelatihan team building, benchmarking dan pembinaan standardisasi layanan homestay di Pentingsari, Tamansari, wirawisata sekaligus pelatihan creative selling skill bagi seluruh desa wisata binaan BCA. 

“Kemampuan komunikasi dan kepemimpinan merupakan dua hal yang penting untuk dikembangkan saat ini. Mengingat kedua hal tersebut merupakan dasar dari bersosialisasi maupun dalam menjalankan dunia usaha. BCA berharap bahwa para pengurus Desa Pentingsari dapat bertumbuh dengan skill komunikasi dan kemampuan leadership yang baik dan nantinya mampu menginspirasi masyarakat di desa binaan lainnya,” kata dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Perayaan Paskah 2024, Tim Jibom Polda DIY Melakukan Sterilisasi Sejumlah Gereja di Jogja

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 01:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement