Ratusan Anjing Ikuti Incredible Dog Competition

Ratusan Anjing Ikuti Incredible Dog CompetitionPara pemilik anjing membujuk anjing mereka untuk melahap makanan saat beradu cepat dalam lomba Dog eating yang berlangsung di Drop Off Area Jogja City Mall, Sleman, Minggu (17/3). JIBI/Harian Jogja - Desi Suryanto
17 Maret 2019 22:47 WIB Salsabila Annisa Azmi Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Ratusan anjing dari berbagai jenis ras mengikuti macam-macam kompetisi dalam acara Incredible Dog Competition #2 di Drop Off Area Jogja City Mall. Anjing-anjing tersebut akan memperebutkan juara dan mendapatkan hadiah berupa uang tunai serta piala penghargaan dari sponsor.

Ketua Panitia Incredible Dog Competition #2, Raditya Chandra mengatakan ada lima jenis lomba yang diikuti oleh anjing-anjing tersebut. Pertama hide and seek, pemilik akan menggiring anjing mereka bersembunyi dan mencari benda. Kedua, jumping atau anjing akan dilatih ketangkasannya dalam melompati berbagai rintangan, ketiga fashion show, keempat dancing dog dan kelima eating competition.

Chandra mengatakan dalam fashion show para pemilik anjing harus sudah mempersiapkan kostum anjing mereka dan mendandani anjing mereka sebelum maju ke panggung utama. Sedangkan dalam dancing dog anjing harus dipandu menari. "Semua lomba akan mengasah ketangkasan dan kecantikan anjing. Akan tetapi kami sifatnya fun, yang penting ownernya senang dan anjingnya senang," kata Raditya, Minggu (17/3).

Raditya mengatakan para pemilik bebas mendaftarkan anjing mereka dalam salah satu atau beberapa jenis lomba. Bahkan apabila pemilik hanya datang bersama anjingnya untuk menonton masih diperkenankan. Setiap jenis lomba akan melahirkan juara satu hingga tiga. Anjing dan pemilik yang menang akan mendapat uang tunai, hadiah sponsor dan piala penghargaan.

Raditya menambahkan total ras anjing yang ada dalam acara tersebut sebanyak 25 ras di seluruh DIY. Salah satu pemilik anjing, Tommy Hartanto, asal Cebongan Sleman mengatakan dia sudah menanti acara ini sejak berbulan bulan yang lalu. Anjingnya yang memiliki ras pudel akan berkompetisi dalam fashion show.

"Anjing saya betina ras pudel, waktu dipakaikan kostum tidak memberontak karena dia memang suka dipijat. Dia kira pas dipakaikan baju itu dipijat. Kalau mau tampil memang harus mood dulu anjingnya," kata Tommy.

Tommy berharap dengan mengikuti kontes di Incredible Dog Competition #2, anjingnya dapat lebih bahagia dan sehat. Sebab, menurut Tommy, anjing juga memiliki perasaan senang saat bertemu dengan anjing lainnya dan bermain bersama mereka.