R. Agus Trimurjanto: Belajar Hal Baru Setiap Hari

R. Agus Trimurjanto: Belajar Hal Baru Setiap HariDirektur Pemasaran PT Bank BPD DIY R Agus Trimurjanto ketika ditemui di ruangannya di Bank BPD DIY, Jogja, Senin (18/3)./ Harian Jogja - Kusnul Isti Qomah
19 Maret 2019 09:27 WIB Kusnul Isti Qomah Ekbis Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Bekerja selama 24 tahun di PT Bank BPD DIY tidak membuat R Agus Trimurjanto  yang kini menjabat sebagai Direktur Pemasaran jenuh. Justru, setiap hari ia mendapatkan pengalaman baru.

R Agus Trimurjanto merupakan Direktur Pemasaran di PT Bank BPD DIY. Ia memiliki kewajiban besar dalam menjalankan dua sisi bisnis perbankan yakni yakni bagaimana mencari sumber dana dan bagaimana menyalurkan kredit. Dua hal itu juga yang menjadi fokus utama Agus dalam mengemban tugas sebagai seorang Direktur Pemasaran. Dalam menjalankan perannya, Agus telah memiliki bekal yang kuat karena ketika pertama bekerja di Bank BPD DIY, ia merupakan awak marketing yang dituntut untuk bisa mengumpulkan dana dan juga menyalurkannya.

"Dahulu saya menjadi account officer, tenaga pemasaran. Punya kewajiban, tugas, dan tanggung jawab mencari dana dan menyalurkan kredit. Posisi waktu itu dan sekarang enggak berbeda secara konsep kerja," ujar dia kepada Harian Jogja ketika ditemui di ruangannya di Bank BPD DIY, Jogja, Senin (18/3).

Namun, jika dahulu ia hanya fokus pada target pribadi, saat ini ia harus menggawangi perusahaan secara keseluruhan. Posisi saat ini menuntutnya untuk memiliki strategi dan memikirkan bagaimana petugas-petugas di lapangan bisa bekerja dengan baik, memiliki acuan bagus.

"Bagaimana teman-teman di lapangan bisa mencapai dengan satu cara yang baik, pruden [prudensial] dan memiliki target yang jelas. Kantor pusat ciptakan kebijakan untuk jadi panduan di lapangan," kata dia.

Sebelum bekerja di Bank BPD DIY, warga Jogja ini pernah bekerja di sebuah perusahaan swasta besar dan memiliki tugas di bidang akuntansi sehingga ia tidak kaget ketika bekerja di bank. Bekerja di dunia pemasaran memiliki target yang berat dan memiliki dinamika yang tidak didapat dari bangku kuliah. Namun, ia mampu bertahan selama 24 tahun dan meroket kariernya. Ia mengaku sangat menyukai tantangan baru dan belajar dari kondisi riil di lapangan.

"Semua belajar dari kondisi riil. Itu menantang dan menarik bagi saya. Kalau ada tantangan baru, saya suka. Contoh, bagaimana mendekati seseorang sehingga orang itu punya ketertarikan dengan lembaga kami," kata dia.

 

Mewakili Profil Lembaga

Menurutnya, relasi akan tertarik pada sosok yang dihadapi. Oleh karena itu, ia selalu menjadi sosok yang mewakili profil lembaga. Ia harus bisa menjadi sosok yang mampu berkomunikasi dengan baik, bisa dipertanggungjawabkan, memiliki wawasan ilmu yang luas, dan cukup mampu memberikan informasi. Hal inilah yang menjadi daya tariknya sehingga bisa bertahan di dunia marketing.

"Tidak banyak yang bertahan di dunia marketing karena ujiannya berat. Dan, fungsi organisasi khususnya di perbankan adalah kepercayaan bagaimana marketing itu bekerja dengan baik. Kalau bicara cuma janji dan enggak seusai di belakangnya, reputasi perusahaan akan rusak," kata dia.

Tantangan dan keseruan di bidang marketing itu pula yang membuatnya tidak pernah jenuh. Setiap hari ia bisa bertemu dengan orang-orang baru, kondisi baru, permasalahan baru, dan ada ilmu baru yang tidak ditemukan di bangku kuliah. Bertemu dengan banyak orang merupakan investasi baginya dalam hal relasi.

"Kalau bertemu orang baru, suatu saat orang itu akan mencari dan teringat kepada saya. Saya akan selalu mengingat orang itu dan saya akan bersilaturahmi baik face to face ataupun melalui perangkat elektronik," tutur dia.

Perjalanan Karier

Pria yang berdomisili di Jogja, DIY ini diangkat sebagai Direktur Pemasaran Bank BPD DIY pada RUPS-LB tahun 2018 untuk masa jabatan 2018-2022. Pehobi olahraga ini memperoleh gelar sarjana pada bidang Akuntansi dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN (STIE YKPN) Yogyakarta (1999) dan memperoleh gelar Magister Manajemen dari Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (2002).

Sebelumnya, ia menjadi Pj Pinpok Pemasaran, Divisi Perkreditan Bank BPD DIY (2010-2013), Pemimpin Cabang Senopati Bank BPD DIY (2013-2016), Pemimpin Cabang Sleman Bank BPD DIY (2016-2018), dan sekarang menjadi Direktur Pemasaran Bank BPD DIY.